by

Ridwan Kamil Sesalkan Kericuhan Pendemo di Mapolda Jabar

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sangat menyesalkan demo ormas GMBI yang menimbulkan kericuhan di Markas Kepolisian Daerah Jabar, Kota Bandung, Kamis (27/1/2022).

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, tindakan anarkis dan pelecehan terhadap lambang Polda Jabar itu sangat disesalkan.

“Saya mendukung tindakan tegas dari kepolisian memproses mereka yang melanggar hukum,” tegas Kang Emil.

Ia menuturkan, sebagai warga negara yang tinggal di negara hukum sudah sepantasnya mentaati aturan yang berlaku dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain, bahkan ketika menyampaikan aspirasi sekalipun.

“Kita hidup di negeri hukum dan negeri welas asih. Sampaikan aspirasi dengan baik-baik dan tidak merusak fasilitas publik, apalagi sampai melecehkan simbol institusi” ungkapnya.

Kang Emil mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kondusivitas Jawa Barat.

“Mari kita bersama selalu menjaga kondusivitas Jawa Barat dan negeri ini. Semoga ini menjadi pelajaran” katanya.

Sebagaimana diberitakan, massa GMBI pada hari Kamis berunjuk rasa di Mapolda Jabar.ย  Mereka menuntut penuntasan kasus anggota GMBI yang meninggal dalam peristiwa bentrok antar ormas di Kabupatenย  Karawang beberapa waktu lalu.

Dalam aksi tersebut, massa GMBI memaksa masuk Mapolda Jabar, hingga terjadi aksi dorong antara polisi dan pengunjuk rasa sampai gerbang Mapolda jebol.ย  Salah seorang pengunjuk rasa kedapatan menaiki dan duduk di Patung Maung Lodaya yang menjadi lambang Polda Jabar.

Aparat telah menangkap puluhan pengunjuk rasa yang membuat kericuhan, termasuk pria yang menaiki Patung Maung Lodaya tersebut.

Baca juga:  Ridwan Kamil Dampingi Presiden RI Tinjau Vaksinasi COVID-19 di Kota Bogor