by

Ria Dani Ramdan Hadiri Sinergis Transisi PAUD ke SD

seputarnews.com / CIKARANG BARAT – Bunda PAUD Kabupaten Bekasi, Ria Dani Ramdan memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, HIMPAUDI Kabupaten/Kecamatan, IGTKI-PGRI, dan seluruh stakeholder, yang telah melaksanakan Gerakan Transisi PAUD ke SD Tahun Ajaran 2023/2024 yang menyenangkan.

Hal itu disampaikannya dalam kegiatan Sinergitas Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan dalam menyambut Tahun Ajaran 2023/2024, bertempat di PT. TD Automotive Compressor Indonesia, Kawasan Industri MM2100, Kecamatan Cikarang Barat, Kamis (23/7).

“Saya apresiasi sekali kepada guru-guru PAUD dan seluruh komponen yang terlibat yang sudah melaksanakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini,” tuturnya.

Menurutnya, gerakan transisi PAUD ke SD ini sangat penting dilakukan agar anak-anak usia dini lebih siap menerima pembelajaran ke jenjang SD yang menyenangkan. Karena tujuan dari transisi PAUD ke SD ini salah satunya dapat menghilangkan tekanan bagi anak usia dini yang harus menguasai pembelajaran Baca Tulis Hitung (Calistung) dan juga tentunya mendasari pembelajaran agar kemampuannya bisa lebih siap menerima ke jenjang berikutnya.

“Jadi ibu-ibu tidak menekankan bahwa anak-anak usia dini ini masuk ke SD harus bisa Calistung, tetapi tentunya diberikan pembelajaran dengan cara yang menyenangkan yakni bermain sambil belajar,” katanya.

Lebih lanjut, ia juga mengingatkan semua pihak, khususnya pihak sekolah dan orang tua untuk dapat membangun komunikasi dalam menyukseskan transisi pendidikan anak usia dini menuju sekolah dasar agar menyenangkan.

“Tentunya transisi PAUD ke SD ini tidak akan berhasil jika kita tidak bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi antar sekolah, antar orang tua juga komunikasi antar keluarga dan sekolah,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya jg mengapresiasi Ibu Andriyanti, guru PAUD Permata Hati Kecamatan Cikarang Selatan, atas karyanya dalam membuat buku yang berjudul Bagasasi (Bahan Ajar Guru dan Anak Berprestasi). Dimana materi dalam buku Bagasasi ini menjelaskan adanya budaya-budaya lokal khususnya di Kabupaten Bekasi, sekaligus sebagai pendamping pembelajaran guru PAUD Kabupaten Bekasi.

Baca juga:  Wagub Jabar Serahkan Penghargaan Swasti Saba Kepada 17 Daerah di Jabar

Dirinya berharap, buku ini lebih mempermudah proses belajar mengajar dan menjadi motivasi untuk guru-guru lain dalam menghasilkan karya yang bermanfaat untuk anak didik khususnya di Kabupaten Bekasi.

“Mudah-mudahan cara ini adalah untuk meperkuat anak-anak kita mencintai dan melestarikan budaya lokal di Kabupaten Bekasi,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, Pimpinan PT. TD Automotive Compressor Indonesia, Ketua IPI Kabupaten Bekasi, Ketua Forum Masyarakat Kabupaten Bekasi, Ketua GOW Kabupaten Bekasi, serta guru PAUD se-Kabupaten Bekasi.