by

6538 Hewan Ternak Disuntik Vaksinasi PMK

seputarnews.com / CIKARANG BARAT – Dinas pertanian Kabupaten Bekasi terus memberikan vaksinasi dosis I PMK ke hewan ternak. Dari target 7500 hewan ternak, saat ini  sudah 6538 hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing telah divaksin.

Vaksinasi PMK dosis I di antaranya diberikan kepada sapi potong sebanyak 5229 ekor, sapi perah 62 ekor, kerbau 52 ekor dan kambing/domba sebanyak 1193 ekor.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesmavet pada Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, drh. Dwiyan Wahyudiharto optimistis capaian vaksinasi PMK dapat selesai pada akhir tahun ini. karena hamper mencapai angka 100 persen.

“Kami terus melakukan vaksinasi, mudah-mudahan sampai akhir tahun ini tercapai. Jika tidak selesai akhir tahun ya akan kita lanjut sampai target 7500 vaksinasi PMK itu selesai,” jelas drh. Dwiyan pada senin (28/11).

Target dari vaksinasi PMK tersebut di antaranya sapi akseptor, sapi jantan dan betina, kerbau dan kambing khusus untuk pembibitan. Namun dari sebagian besar yang mendapatkan vaksinasi PMK yaitu sapi.

“Untuk sapi potong sebanyak 5229, sapi perah sebanyak 62, kerbau 54 serta domba dan kambing 1193,” katanya.

Untuk penyembuhan, drh. Dwiyan menjelaskan, hewan ternak diberikan obat-obatan seperti penurun panas, sitrun untuk membersihkan luka serta obat-obatan dari rekomendasi himpunan dokter hewan.

BACA JUGA : Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen DPRD Jabar Berikan Bantuan Terdampak Musibah Gempa di Cianjur

Dia menghimbau kepada Peternak disarankan untuk terus menjaga kebersihan kandang dengan melakukan penyemprotan disinfektan serta melakukan pembersihan kuku hewan dengan cairan yang telah direkomendasikan.

“Jadi peternak harus rajin-rajin membersihkan kandang. Alhamdulillah dengan cara seperti itu, hewan ternak mereka sembuh,” tandasnya.