by

Wakil Bupati Bandung Gaungkan Literasi Digital Bagi Persatuan Orang Tua Murid Sekolah Dasar

Seputarnews.com / KAB. BANDUNG, Disela sela kesibukannya sebagai pimpinan daerah di Kabupaten Bandung Sahrul Gunawan hadiri kegiatan Literasi Digital bagi Persatuan Orang Tua Murid Siswa kelas satu sampai dengan empat Sekolah Dasar di 2 Kecamatan yang menyasar 38 Sekolah Dasar Negeri dengan peserta online sebanyak 4.000 orang.

Kegiatan Literasi Digital bagi Persatuan Orang Tua Murid Siswa dipusatkan di SDN TAMAN KOPO INDAH di Wilayah Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Selasa 23/8-2022.

Acara tersebut dihadiri oleh para kepala sekolah dan perwakilan ketua POTM terselenggara dengan sangat meriah dan penuh dengan edukasi yang menarik, disampaikan baik secara langsung dan terkoneksi pada media online untuk dilihat oleh para orang tua siswa yang mendampingi putra putrinya mengikuti lomba mewarnai dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, Selain Sahrul Gunawan Nara sumber yang hadir adalah Oki Hikmawan sebagai Ketua Yayasan Drahma Alfa Hudaya dan Michelle Wanda perwakilan aktris yang mengusung Tema “Parenting Handal di Era Digital”.

Dalam penyampaian paparannya Wakil Bupati mengajak seluruh Orang Tua siswa siswi sekolah dasar untuk melakukan pendampingan pada putra putrinya dalam penggunaan gadget ataupun dalam kontek memberikan edukasi tentang internet secara luas.

Era digital ini adalah anugerah bagi manusia sehingga harus dimanfaatkan sebagai nilai positif untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal agar berguna bagi kepentingan insan manusia sebagai pelakunya, bukan untuk dipergunakan sebagai nilai sebaliknya, Kebutuhan literasi digital ini sangat dibutuhkan oleh seluruh warga Kabupaten Bandung agar penerapan nilai nilai CAKAP DIGITAL dapat dilakukan oleh warga Kabupaten Bandung khususnya, dalam berinteraksi di Media sosial. Ungkap Sahrul Gunawan disela sela pemaparannya.

Disamping itu Ketua Yayasan Drahma Alfa Hudaya menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan lanjutan dari kegiatan JABAR NGABRET DIGITAL yang telah dibuka oleh Wagub Jabar di Kabupaten Tasikmalaya diawal bulan.

Ini adalah tindak lanjut kami dalam kerangka Literasi Digital yang akan terus berlanjut di Kota Kabupaten lainnya di Jawa Barat.

Selain menggandeng Wakil Bupati Bandung untuk menjadi Nara sumber maka Oki Hikmawan sebagai ketua Yayasan menyampaikan persiapan Gerakan Seribu Buku Serba Guna yang akan di laksanakan Bersama pada waktu dekat.

Dimana kami ingin meningkatkan minat baca di Sekolah sekolah dasar khususnya di wilayah Kabupaten Bandung dengan judul “SERBU SAGU” dalam konten memberikan bantuan buku buku bacaan bernilai positif ke perpustakaan Sekolah Dasar di wilayah Kabupaten Bandung tegasnya.

Antusias para Ibu sebagai orang Tua Murid di SDN Taman Kopo Indah dalam mengikuti kegiatan ini terlihat jelas dengan kehadiran Wakil Bupati disekolahnya selain mendapat ilmu tentang pengasuhan anak di era digital maka para tenaga pendidik dan Guru beserta orang tua di sekolah ini dapat langsung bertatap muka dengan Sahrul Gunawan sebagai Pimpinan Daerah secara langsung.

“Ucapan terima Kasih terlantun dari Para Kepala sekolah yang mewakili 38 sekolah yang mengikuti kegiatan atas berlangsungnya acara ini. Dengan harapan kegiatan serupa dapat terus dilakukan dan berganti kesekolah sekolah lainnya ungkap Nia Farida sebagai Kepala sekolah SDN TAMAN KOPO INDAH Mewakili suara para kepala sekolah yang hadir.

Kebutuhan literasi digital di era teknologi saat ini tentunya harus mendapatkan tempat di hati masyarakat luas bukan saja peran Guru dan Tenaga pendidik dalam pengawasan dan pendampingan namun peran orang tua dan lingkungan keluarga sangat lah penting dalam menjaga rambu rambu beretika digital saat ini.

Semoga kegiatan literasi digital ini dapat tersampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat. Tuntasnya ( Oki) *