by

BNK Bekasi Sosialisasikan Pemahaman Bahaya Narkotika Terhadap Pelajar

Seputarnews.com /KEDUNGWARINGIN – Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Bekasi menggelar sosialisasi anti narkoba dengan tema “Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Tahun 2023” terhadap para pelajar yang digelar di kantor PGRI Kecamatan Kedungwaringin

Sosialisasi ini diinisiasi oleh Majelis Wakil Cabang Nahdatul Ulama (NU) Kecamatan Kedungwaringin sekaligus memperingati Hari Lahir (Harlah) Nahdatul Ulama 1 abad dan Semarak Muharram 1445 Hijriyah.

Sosialisasi tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Narkotika Kabupaten Bekasi dan dihadiri oleh seluruh perwakilan siswa maupun siswi dari 8 SMA maupun SMK se-Kecamatan Kedungwaringin.

 

Anggota Bidang Penyuluhan BNK Kabupaten Bekasi, Jumarwan Mengatakan, sosialisasi tersebut dalam rangka memberikan pengenalan dan pemahaman tentang bahaya narkotika. Dengan tujuan sebagai upaya pencegahan tentang penyalahgunaan narkoba terhadap generasi penerus bangsa.

“Kita berharap para pelajar ini bisa menyampaikan pesan-pesan tentang bahaya narkoba di lingkungan sekolahnya masing-masing. Harapannya agar penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bekasi dapat berkurang khususnya di wilayah Kedungwaringin,” ujarnya.

Dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba, lanjut dia, yakni dapat menyebabkan gangguan mental, psikosis, depresi, hingga mempengaruhi gangguan jiwa.

“Biasanya penyalahgunaan narkoba itu tidak menghargai orang lain, berkurangnya daya ingat, dan geraknya melambat karena semua itu pengaruh dan fungsinya dari otak,” ungkapnya.

Dengan digelarnya sosialisasi ini, diharapkan semakin meningkatkan motivasi bagi generasi penerus bangsa khususnya kalangan pelajar agar terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Karena generasi muda merupakan harapan bangsa di masa depan.

“Yang kita sampaikan itu bukan hanya tentang bahaya penyalahgunaan dan jenis-jenis dari narkoba saja, tapi kita juga memberikan motivasi kepada para pelajar. Karena banyak pecandu itu biasanya karena tidak punya cita-cita, makanya kita motivasi bagaimana anak-anak sejak sekolah bisa menentukan cita-citanya seperti apa. Karena orang yang tidak punya cita-cita biasanya rentan terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Plt Camat Kedungwaringin mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan Badan Narkotika Kabupaten Bekasi, dikarenakan dapat memberikan pengenalan dan pemahaman tentang bahaya narkoba terhadap pelajar.

“Ya, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk para pelajar Kabupaten Bekasi khususnya Kecamatan Kedungwaringin. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat mengedukasi serta memberikan manfaat positif bagi para pelajar untuk pencegahan terhadap narkoba,” ujarnya.

Dia menghimbau kepada segenap masyarakat terutama pelajar yang berada di wilayahnya, agar selalu mengisi kegiatan sehari-hari dengan hal yang bermanfaat dan positif guna memcegah dan menghindari narkoba. Kemudian, tidak mudah terpengaruh dengan ajakan menggunakan narkoba dengan berani mengatakan “tidak” pada narkoba.

Sementara itu Ketua Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) Kedungwaringin, Muhammad Farid Nur Faqih mengatakan, dengan diadakan sosialisasi ini generasi muda semakin paham dan sadar akan bahaya narkoba. Sehingga, generasi muda dapat memiliki self control yang kuat supaya tidak terbawa arus.

“Harapan saya sendiri, semoga ke depannya anak muda bersih dari narkoba. Dan jangan ada narkoba di antara kita,” tutupnya.(Dewy)*