by

WAGUB JABAR BUKA PORSETDA TINGKAT PROV JABAR DI HALAMAN DEPAN GD SATE

Seputar News/BANDUNG-Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan aktor utama penyelenggara pemerintahan dan pembangunan. Pegawai ASN dituntut memiliki kompetensi teknis, managerial, sosio-kultural, dan kompetensi pemerintahan yang mumpuni. Oleh sebab itu, pengembangan kompetensi pegawai ASN tidak saja harus dilakukan melalui pendidikan, pelatihan, seminar, dan lokakarya, tetapi tidak kalah penting, yaitu pembinaan jasmani, yang antara lain bisa ditempuh dengan kegiatan olahraga.

  

Sejalan dengan tujuan tersebut, Pekan Olahraga Sekretariat Daerah (Porsetda) 2017, terlaksana kembali setelah beberapa tahun vakum, yaitu terakhir pada tahun 2005, dan dimulai kembali pada tahun ini.
Kegiatan Porsetda  dibuka dan  dilaksanakan pada 17-21 April 2017, serta penutupan akan dilaksanakan pada 28 April 2017 di Halaman Gedung Sate Bandung.
Peserta kegiatan dalam pelaksanaan Porsetda Provinsi Jawa Barat diperuntukan bagi para pegawai ASN putra-putri di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Jabar dengan gruping per Biro, ataupun total ASN yang berpartisipasi yaitu sebanyak 442 orang, atau sebesar 55,6% dari jumlah total pegawai Setda Jabar, yaitu sebanyak 794 orang.
Wakil Gubernur Jabar, Deddy Mizwar, mengatakan selain olahraga profesional dan olahraga prestasi, masih ada olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga amatir, yang sama- sama mempunyai potensi untuk dikembangkan secara teratur dan berkelanjutan di lingkungan instansi pemerintah.
“Kesemuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran, mengasah prestasi, kualitas manusia, menanamkan nilai moral, dan akhlak mulia, sportivitas, disiplin, serta kegembiraan yang sangat dibutuhkan oleh para pegawai ASN untuk menunjang kinerja individu dan juga kinerja organisasi,” kata Wagub Deddy Mizwar, pada pembukaan Porsetda, di halaman Gedung Sate Bandung, Senin (17/4).
Menurut Deddy, keolahragaan ini bertujuan untuk mempererat serta membina persatuan dan kekompakan. Maka berangkat dari hal tersebut, setelah kurang lebih 11 tahun vakum, Dirinya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas hadirnya kembali event olahraga antar -Biro di lingkungan Setda Jabar, yang tahun ini dimotori oleh Biro Umum, dengan mengangkat tema “Kembangkan Kreativitas, Membentuk Jiwa dan Raga yang Sehat, dan Tumbuhkan Rasa Kebersamaan.”
 Deddy menyambungkan, saat ini sudah sepantasnya pola pembinaan dan pengembangan olahraga di ingkungan Setda terbangun lebih masif dan berkesinambungan. Tidak saja sebagai implementasi dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), tetapi juga sebagai ajang untuk menjaring atlet-atlet potensial di lingkungan Setda.
“Jadi kalau di kita ini ada Porpemprov, maka kontingen Setda harus menjadi salah satu tim yang terkuat, dan juga menjadi penyumbang bagi kontingen Pemprov pada event Porpemda, Pornas, hingga Asean Civil Service Games,” katanya.
Acara pembukaan Porsetda Jabar 2017 dibuka dengan eksibisi menarik antara Wagub Jabar Deddy Mizwar dan Sekda Jabar Iwa Karniwa.
Setelah prosesi seremoni pembukaan, sebuah lapangan tenis meja menunggu Demiz dan Iwa melakukan eksibisi pingpong. Keduanya bermain dengan santai, meski Demiz banyak melakukan gerakan smash. Sayang meski menyerang, bola pingpong sabetan Wagub lebih banyak tersangkut di jaring. Iwa sendiri banyak mengambil poin dari kesalahan Demiz.
Dihibur dengan sorakan dan tepuk tangan para PNS serta eselon II di lingkungan Setda Jabar, keduanya menunjukan permainan yang menarik. Pertandingan ditutup dengan kemenangan 3-0 untuk Sekda Iwa.
Sekda Jabar Iwa Karniwa sendiri mengatakan Porsetda tahun ini memiliki momen khusus terutama dalam menunjukan pada PNS dan warga bahwa para pemimpin tetap akur.
“Ini dalam rangka membangun suasana menjadi sejuk. Kami ingin menunjukan pada masyarakat diantara kita tidak ada persoalan pribadi maupun kedinasan,