by

Utamakan Pelayanan Prima, RSUD Cabangbungin Berhasil Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik

Seputarnews.com /CABANGBUNGIN – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cabangbungin berhasil meningkatkan indeks pelayanan publik rumah sakit. Hal tersebut berdasarkan hasil dari penilaian Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP).

Direktur RSUD Cabangbungin dr. Erni Herdiani menjelaskan, penilaian tersebut berdasarkan assessment yang dilakukan Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) pada kinerja pelayanan publik yang berada di RSUD Cabangbungin.

“Ya, assessment ini menggunakan form F.03.A dan jika dilihat dari hasil survey langsung dari pengunjung dengan format F.02.A yang dikompilasi, hasilnya adalah 4,4819 dengan kriteria awalnya C sekarang A- (sangat baik) artinya ada peningkatan yang cukup tinggi,” ujar Direktur RSUD Cabangbungin dr Erni Herdiani pada Senin (03/07/2023).

dr. Erni menambahkan, capaian tersebut merupakan peningkatan yang cukup pesat dan signifikan. Hal tersebut merupakan kerja keras, sinergi, dan kekompakan yang apik dengan banyak pihak mulai dari pemerintah dan lintas sektor lainnya.

“Saya juga bangga dengan Tim RSUD Cabangbungin yang semangat, kreatif dan inovatif dalam melayani masyarakat serta semua unsur terkait lainnya yang terlibat dalam pelaksanaannya. Terbukti dalam waktu singkat kenaikan kunjungan meningkat dan kepuasan pasien juga meningkat,” tambahnya.

Dalam menjaga kualitas pelayanan yang prima, pihaknya terus berupaya mengoptimalkan inovasi-inovasi yang ada, serta menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat agar dalam jangka panjang kualitas pelayanan RSUD dapat terus meningkat serta dapat menjadi rumah sakit harapan masyarakat berstandar nasional.

“Pertama, melakukan survey kepada masyarakat serta mengundang dan berdialog dengan para tokoh untuk mengetahui langsung harapan masyarakat dan apa saja yang perlu diperbaiki, kedua, memetakan strength, weakness, opportunity dan threath (SWOT) untuk menentukan strategi ke depan, dan yang terakhir menyusun inovasi-inovasi yg dapat meningkatkan pelayanan salah satunya dengan mengusung Inovasi Rusa Berlian,” ungkapnya.

Baca juga:  Wagub Jabar Jenguk Pengemudi Ojek Online yang Alami Patah Tulang Kaki di Garut

Dia berharap, Rumah Sakit dengan tipe D tersebut dapat naik tipe ke depannya serta dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap masyarakat.

“Dalam masa kurang lebih 100 hari kerja saya, semoga ini dapat terus meningkat tren nya, semoga Allah SWT selalu memberi perlindungan kepada kami semua dalam menjalankan tugas-tugas untuk melayani masyarakat dan saya berharap RSUD Cabangbungin ini dapat segera naik kelas menjadi Kelas C,” tandasnya.

Ia berpesan dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah memberikan kepercayaan terhadap RSUD Cabangbungin, dalam mengedepankan orientasi pelayanan publik yang sesuai harapan masyarakat.

“Mohon maaf bila dalam proses ini masih ada kekurangan. Insya Allah kami akan terus berupaya memperbaiki pelayanan. Bila ada yg ingin disampaikan bisa hubungi kami di nomor 085710031511,” tutupnya.