by

Sekda Jabar Lepas 2.034 Pemudik di Terminal Cicaheum

seputarnews.com /KOTA BANDUNG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman melepas 2.034 pemudik yang ikut dalam Mudik Gratis 2024 di Terminal Cicaheum Kota Bandung, Sabtu (6/4/2023).

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.550 pemudik difasilitasi Pemda Provinsi Jawa Barat, sebanyak 234 pemudik oleh Pemda Kota Bandung, dan 250 pemudik difasilitasi Jasa Raharja.

“Untuk busnya, dari Pemda Provinsi Jabar disiapkan 36 bus, Kota Bandung 5 bus, dan Jasa Raharja 5 bus. Semuanya 46 bus yang akan diberangkatkan dari Terminal Cicaheum,” ucap Herman.

Herman menyebut, Mudik Gratis ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk hadir di tengah-tengah masyarakat dalam berbagai aktivitas kehidupan, termasuk di antaranya pada momentum mudik Lebaran.

“Ini seperti sederhana tapi bagi masyarakat sangat bermakna, karena mudik saya kira satu hal yang tak terhindarkan,” ucap Herman.

“Kita lihat keceriaan dari masyarakat di dalam bus. Saya silaturahmi di salah satu bus yang rute Solo, ada orang tuanya, ibunya, anak- anaknya, dan semua bergembira,” imbuhnya.

Menurut Herman, selain untuk membahagiakan masyarakat, Mudik Gratis juga diupayakan guna meminimalisir warga yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi.

“Mudah- mudahan dengan Mudik Gratis, karena naik bus bersama- sama, ada puluhan bus, ada ribuan orang yang difasilitasi ini bisa meminimalisir pergerakan roda dua/roda empat, tentu ini akan meminimalkan kecelakaan, termasuk mengurai kemacetan,” tuturnya.

Herman memastikan, bus yang digunakan dalam Mudik Gratis dalam kondisi prima setelah melewati berbagai proses pengecekan. Begitu juga supir maupun kru bus dipastikan dalam keadaan sehat dan bugar, sehingga diharapkan perjalanan berlangsung aman, nyaman, dan lancar.

Baca juga:  Pj. Gub Jabar Bey Machmudin Imbau Bupati dan Wali Kota di Jabar Perketat Izin "Study Tour"