by

SDN Kertajaya 01 Raih Juara 1 Lomba UKS/M Tingkat Kab. Bekasi

seputarnews.com /PEBAYURAN – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kertajaya 01 berhasil meraih juara 1 Lomba Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah (UKS/M) Berbasis Stratifikasi jenjang SD/MI tingkat Kabupaten Bekasi tahun 2023.

Penghargaan tersebut secara simbolis diserahkan secara langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan usai melaksanakan Rapat Koordinasi TPPK di Hotel Swiss-Belin, Cikarang Utara pada Kamis lalu.

Kepala Sekolah SDN Kertajaya 01, Dede Sumarna mengaku bersyukur atas prestasi yang telah diraih tahun ini, prestasi ini disambut bahagia oleh segenap keluarga besar SDN Kertajaya 01. Melalui prestasi ini diharapkan ke depannya agar dapat lebih ditingkatkan lagi kesehatan di sekolah supaya terus berjalan berkesinambungan.

“Kami memang sudah dari dulu melaksanakan kegiatan UKS di Sekolah ini, dengan apa yang diraih tahun ini alhamdulillah sangat bahagia sekali,” ujarnya pada Senin, (13/11/2023).

Dia menyebutkan, adapun indikator penilaiannya dilihat berdasarkan dari 4 aspek penilaian yakni pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat serta manajemen UKS/M yang tergolong dalam strata minimal, strata standar, strata optimal dan strata paripurna.

“Penilaian Stratifikasi UKS ini dilihat dari sejauh mana sekolah melaksanakan UKS di lingkungan sekolah yang tergolong dalam stratifikasi strata minimal, strata standar, strata optimal dan strata paripurna. Alhamdulillah dari strata itu kami sudah melaksanakan sampai ke strata paripurna dari masing-masing 4 aspek penilaian tersebut,” jelasnya.

Selain itu, tambah dia, kesuksesan ini tak lepas dari support berbagai elemen lintas sektor seperti pihak Kecamatan Pebayuran, CSR PT Hitachi, Puskesmas Pebayuran, dinas-dinas terkait serta unsur terkait lainnya yang bersama-sama ikut berkontribusi didalamnya.

“Ya, banyak sekali pihak yang mendukung terutama bagi perusahaan yang telah berkontribusi memberikan bantuan perlengkapan UKS dan pembinaan penyuluhan kesehatan kepada siswa. Penyuluhan tersebut tentang kesehatan gigi, mulut, cara menggosok gigi yang baik, kemudian cara mencuci tangan yang dijelaskan oleh dokter yang dikirim langsung dari PT Hitaci ke SDN Kertajaya 01,” tambah dia.

Baca juga:  Kadisdik Jabar Hadiri Penandatanganan Kerjasama Program Pendidikan Jabar dengan NTB di Gedung Sate.

Dengan adanya penghargaan ini, dia berharap bisa memacu SDN Kertajaya 01 untuk terus berbenah agar lebih baik lagi. Agar ke depannya bisa menciptakan lingkungan yang sehat, melahirkan generasi cerdas, dan pelopor-pelopor di bidang kesehatan.

BACA JUGA :  Camat Cikarang Pusat Edward Sutarman Mengimbau ASN Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

“Baik guru atau siswa agar selalu tetap menjaga kebersihan sekolah dan menjaga kesehatan agar siswa dan siswi senantiasa selalu sehat supaya mereka dapat belajar dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.