by

Ridwan Kamil Terima Penghargaan Gubernur Insiator Pasagi dari KPID

Seputarnews.com / KABUPATEN SUMEDANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima penghargaan sebagai Gubernur Insiator Pasagi atau Pengawasan Media Digital.

Penghargaan diterima Gubernur pada Malam Anugerah Penyiaran 2023 Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat di Asia Plaza Sumedang, Kabupaten Sumedang, Kamis (31/8/2023).

Gubernur menuturkan Pemdaprov Jabar selama lima tahun telah menerima 553 penghargaan. Ini menandakan luar biasanya kemajuan pembangunan di Jawa Barat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi ini menandakan 553 cerita, dari mulai biasa saja sampai luar biasa, dari semrawut menjadi tertib, dari manual menjadi digital, dari tidak ada hingga ada,” ujar Ridwan Kamil.

“Saya sebutkan beberapa saja. Provinsi kita ekonominya terbanyak di Pulau Jawa lebih tinggi dari rata-rata nasional. Artinya orang Jawa Barat ke mana-mana bergerak ekonominya, jual beli investasi dan lain sebagainya,” kata Ridwan Kamil.


Gubernur Jabar Ridwan Kamil menerima penghargaan Gubernur Inisiator Pasagi dari KPID Jawa Barat pada malam Anugerah Penyiaran 2023 di Asia Plaza Sumedang, Kabupaten Sumedang, Kamis (31/8/2023) malam.

Kemudian hari ini, kata Gubernur, penghargaan bertambah menjadi 554 penghargaan melalui inovasi Pasagi. Penghargaan yang diberikan adalah tentang penyiaran kondusivitas luar biasa.

“Makanya indeks kondusivitas kita tinggi 87,5. Artinya tidak banyak penyiaran-penyiaran yang menggangu nalar-nalar dan akal sehat masyarakat. Berita hoaks juga kita tangkal dengan banyak inisiatif, termasuk ada _cyber hoax_-nya,” imbuhnya.

Gubernur mengapresiasi KPID Jawa Barat menyelenggarakan event anugerah karena Jabar memang terkenal sebagai provinsi terbanyak lembaga penyiarannya.

Selain memberi apresiasi, pada Malam Anugerah Penyiaran juga dilakukan penandatanganan pembentukan Gugus Tugas Pemilu 2024 Damai dan Antihoaks oleh KPU Jabar, KPID Jabar, dan Bawaslu Jabar.

Kemudian pembacaan Deklarasi Damai dan Antihoaks Pemilu 2024 oleh Ketua KPID Provinsi Jabar, serta penyerahan simbolis mobil bandros kepada penyiar disabilitas.

*Daftar penerima penghargaan KPID Jawa Barat:*
1. Kategori Lembaga Penyiaran Kolaboratif : PR FM Bandung.
2. Kategori Kepala Daerah Peduli Penyiaran Digital : Bupati Sumedang.
3. Kategori Lifetime Achievement : Ibu Ating Soemiratdimadja Pendiri dan Pengurus Radio Martha FM dan Purnama FM Tasikmalaya.
4. Kategori Lembaga Pendidikan Peduli Penyiaran : Fikom Unpad, FISIP Unpas, Universitas Gunadharma Depok.