by

Bantuan Keuangan Provinsi Jabar Perbaiki Rutilahu 5.000 Unit di Kuningan

5 TAHUN JABAR JUARA

Seputarnews.com /  KABUPATEN KUNINGAN – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, selama lima tahun kepemimpinannya bersama Wagub Uu Ruzhanul Ulum, Pemdaprov Jabar telah mengucurkan bantuan keuangan hampir Rp1 triliun kepada Kabupaten Kuningan untuk pembangunan.

Bantuan tersebut dipakai di antaranya untuk memperbaiki sekitar 5.000 rumah tidak layak huni, revitalisasi Alun-alun Kota Kuningan, perbaikan jalan, dan revitalisasi Waduk Darma.

“Saya _tuh_ _nyaah_ ke Kabupaten Kuningan. Saya cek kemarin ke Badan Pengelolaan dan Aset Daerah (BPKAD) Jabar, Kabupaten Kuningan mendapatkan bantuan dari kami selama lima tahun hampir Rp1 triliun, termasuk paling tinggi karena kalau Kabupaten Kuningan maju, Jawa Barat juga ikut maju,” kata Gubernur Ridwan Kamil saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kuningan memperingati Hari Jadi Ke-525 Kabupaten Kuningan di kantor DPRD Kabupaten Kuningan, Jumat (1/9/2023).

Dalam kesempatan itu pula Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil melaporkan prestasi Jabar selama lima tahun kepemimpinannya, yakni ekonomi terbaik di Pulau Jawa, investasi tertinggi se-Indonesia, SDM paling produktif, penanganan tengkes ( _stunting_ ) terbaik di Pulau Jawa, dan masih banyak raihan prestasi lainnya.

“Selama lima tahun Jawa Barat kami bimbing, kami sudah mendapatkan penghargaan sebanyak 555, artinya ada 555 perubahan yang kami pikirkan, putuskan, dianggarkan, dan dieksekusi untuk kemajuan Jabar,” ujarnya.

Selain itu, walaupun investasi dan pabriknya banyak, Jabar tetap swasembada beras 1,3 juta ton per tahun berkat penambahan 60.000 hektare area panen selama lima tahun terakhir.

“Kami tambahkan 60.000 hektare areal panen baru selama lima tahun. itulah semangat _gemah ripah repeh rapih_ ,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, dalam lima tahun tersebut perekonomian di Jabar juga maju lewat berbagai pengerjaan infrastruktur yang turut dilakukan pemerintah provinsi, salah satunya dengan rampungnya pengerjaan Tol Cisumdawu yang menghubungkan ekonomi daerah Jabar bagian utara dengan bagian tengah dan selatan.

Baca juga:  Wagub Jabar Berharap Wisata Kuliner Mampu Meningkatkan PAD Jawa Barat

“Mengapa ekonomi kita juara karena infrastruktur di Jabar selama lima tahun terakhir paling luar biasa. Sembilan ruas jalan tol sedang dibangun, Tol Cisumdawu 12 tahun hanya selesai di zaman kami menghubungkan ekonomi ke Jabar bagian utara, termasuk Kuningan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Pemdaprov Jabar sedang merencanakan 13 kota industri baru di Jawa Barat guna memastikan  terciptanya 4,5 juta lapangan kerja baru.

Ia berharap dengan akselerasi pembangunan ekonomi Jabar pertumbuhan dapat naik dua persen dari kondisi sekarang yang sudah sangat baik.

“Kami (Pemdaprov Jabar) menyiapkan kurang lebih 13 kota industri baru, termasuk di daerah Kuningan untuk memastikan di masa depan lahir 4,5 juta lapangan pekerjaan baru, juga untuk menumbuhkan dua persen  ekonomi Jawa Barat yang sudah tertinggi,” ujarnya,