by

Ridwan Kamil Ajak DPKLTS Siapkan Cetak Biru JRCP

Seputarnews.com /BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS) ikut andil menyiapkan cetak biru Jabar Resilience Culture Province yang saat ini sedang digodok.

Menurut Gubernur, dalam usia 20 tahun DPKLTS telah berjasa menjaga kelestarian lingkungan Jawa Barat. Sehingga sudah seharusnya cetak biru Jabar Resilience Culture Province (JRCP) atau atau Provinsi Berbudaya Tangguh juga melibatkan DPLKTS sebagai stakeholders.

“Dirgahayu DPLKTS yang ke-20 tahun, panjang umur tetap cintai Jawa Barat lingkungannya,” ujar Ridwan Kamil saat Peringatan 20 Tahun DPKLTS: ‘Membangun Budaya Resiliensi menuju Penghidupan yang Berkelanjutan’, di Kota Bandung, Jumat (10/9/2021).

“Mari kita _silih asih, silih asuh, silih asah_. Sehingga kita tidak melihat istilah _cai beak leuweung balangsak_,” tuturnya dalam bahasa Sunda.

Gubernur menjelaskan, pada masa kepemimpinannya pengambilan kebijakan menjadi sesuatu yang krusial dalam membawa dampak positif bagi masyarakat. Dengan partisipasi DPKLTS, budaya tangguh dapat tertanam kuat pada diri anak cucu Jabar di masa depan.

“Kami mewariskan sebuah dokumen penting yakni cetak biru Jabar Resilience Culture Province, jadi provinsi yang memiliki budaya ketangguhan,” kata Ridwan Kamil.

Dokumen cetak biru tersebut, kata Gubernur, menjadi bukti komitmen Pemda Provinsi Jawa Barat tidak setengah-setengah dalam melestarikan lingkungan.

“Keberpihakan anggaran tidak setengah-setengah dan ketangguhan kita terhadap disrupsi kemudian kolaborasinya. Itu akan menjadi dokumen yang akan menjadi lestari,” pungkasnya.

Baca juga:  Mengenal Sosok Bernie dan Tatang RW _Kepala BP Rebana dan BP Cekban Dilantik