by

Pemkab Bekasi Bangun RSUD Cibarusah, Begini Penjelasan Plt Kepala DCTR

SeputarNews.com| BEKASI -Dengan jumlah penduduk hampir tiga juta jiwa yang tersebar di 23 kecamatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi
terus membangun fasilitas kesehatan yang berkualitas. Contohnya pada Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) tahun 2022,  Pemkab Bekasi melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang mengalokasikan anggaran Rp.15 miliar untuk pembangunan tiga unit pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) baru.

Selain membangun Puskesmas, pada tahun 2024 mendatang akan dibangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) tipe D di wilayah selatan, tepatnya di kecamatan Cibarusah, kata Plt Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bekasi, Beni Saputra.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) ULP Kabupten Bekasi itu mengatakan, program pembangunan RSUD tipe D tersebut merupakan usulan dari Dinas Kesehatan sebagai upaya mendekatkan layanan kesehatan di wilayah yang populasi pertumbuhan penduduknya kian meningkat.

“Selain mengusulkan pembangunan, semua kajian dan lokasi bangunan RSUD tipe D itu ditentukan oleh Dinas Kesehatan” ujarnya.

Beni menambahkan, pihaknya sebagai Dinas Tekhnis akan mempersiapkan tahapan proses pembuatan Detail Engineering Design (DED) pada tahun 2023 mendatang, sedangkan pembangunan gedung RSUD Tipe D itu direalisasikan pada tahun anggaran 2024.

Rencananya, pembangunan RSUD Tipe D ini membutuhkan lahan minimal 5000 hingga 10.000 meter persegi dengan pagu anggaran sekitar Rp70
miliar, pungkasnya. (Dewi)*

Baca juga:  Kunjungan Kerja Komisi V DPRD Provinsi Jawa Bara Ke Kota Malang Provinsi Jawa Timur