by

Mengenal Sosok Bernie dan Tatang RW _Kepala BP Rebana dan BP Cekban Dilantik

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil resmi melantik Bernardus Djonoputro sebagai Kepala Badan Pengelola Kawasan Metropolitan Rebana, dan Tatang Rustandar Wiraatmaja sebagai Kepala BP Cekungan Bandung.

Pelantikan BP Rebana dan BP Cekban dilakukan di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Kamis (27/4/2023) pagi.

Bernardus Djonoputro atau yang akrab disapa Bernie merupakan ahli pembiayaan infrastruktur, kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), dan pengembangan kawasan. Bernie jebolan jurusan Perencanaan Kota dan Wilayah Institut Teknologi Bandung.

Bernie memiliki 30 tahun pengalaman sebagai manajemen dan pimpinan di firma _advisory_ dunia termasuk EY, Deloitte dan PwC, dan seringkali menjadi _team leader_ untuk berbagai proyek strategis nasional infrastrutur Indonesia.

Dikenal memiliki jejaring internasional kuat di dunia investasi infrastruktur, Bernie saat ini menjabat Ketua Majelis Kode Etik di Ikatan Ahli Perencanaan Kota dan Wilayah (IAP).

Sementara Kepala BP Cekungan Bandung Tatang Rustandar Wiraatmaja bukan orang baru di Jabar. Tatang RW merupakan ahli perencana kota jebolan Institut Teknologi Bandung.

Di lingkungan pemerintah daerah, Tatang RW pernah menjabat Kepala Bappeda Kabupaten Bandung 1988- 1992, periode di mana Kabupaten Bandung masih mencakup Bandung Barat sebelum menjadi daerah otonom baru.

Di era perencanaan Tatang RW, berdiri Stadion si Jalak Harupat, venue olahraga dan sepak bola kebanggaan warga Kabupaten Bandung, dan sempat menjadi _homebase_ Persib Bandung.

Tatang pernah menjabat beberapa jabatan tinggi pratama di LKPP sehingga memiliki pengalaman yang mumpuni mengenai pengadaan barang/jasa.

Pengalaman dan kapasitas identifikasi masalah yang dimiliki, diharapkan menjadi modal utama bagi Tatang untuk mengoordinasi dan menata Cekungan Bandung.

Pelantikan Kepala BP Cekban dan BP Rebana dihadiri perwakilan Pemerintah Pusat antara lain Kementerian Koordinator Perekonomian Republik Indonesia, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Kementerian ATR/BPN dan Kementerian Investasi/BKPM dan turut hadir para kepala daerah di kawasan Rebana.

Baca juga:  Gub Jabar Tinjau Kelayakan Rumah Nenek Ami Setelah Direnovasi Di kec.Sukasari Kab. Subang