by

Info Terkini: Gempa Guncangan Bulukumba Sulsel Pertama di Bulan Ramadan 2021

Seputarnews.com/Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG merekam gempa pertama di bulan Ramadan tahun ini terjadi di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Gempa dicatat terjadi dinihari tadi, pukul 02.08 WITA, Selasa 13 April 2021.

Gempa terukur berkekuatan 4,3 Magnitudo dan memberi guncangan lemah saja (skala II MMI) di Bulukumba. Menurut BMKG, pusat gempa berada di laut, 60 kilometer timur laut Bulukumba, pada kedalaman 7 kilometer.

Catatan BMKG juga mengungkap terjadi sejumlah gempa yang bisa dirasakan antara kejadian gempa Malang pada Sabtu-Minggu dan Bulukumba hari ini. Di antaranya adalah dua gempa di Banda, Maluku Tengah, dan dua kali pula di Tanggamus, Lampung.

Dua gempa di Banda terjadi berurutan pada Minggu pukul 12.13 dan 12.14 WIB atau 14.13 dan 14.14 waktu setempat. Kekuatannya 3,3 dan 3,5 M dan memberi guncangan pada skala III MMI. Pusat gempa disebutkan berada di laut pada jarak 10 dan 9 kilometer barat Banda dengan kedalaman sama, 10 kilometer.

Dua gempa di Tanggamus juga berasal dari laut, masing-masing, pada Minggu pukul 17.44 WIB dan Senin pukul 08.52 WIB. Berkekuatan 4,8 M dan berasal dari kedalaman 26 kilometer, guncangan gempa pada Minggu bisa dirasakan pula di Liwa, Limau dan Pematang Sawah.

Sedang gempa Tanggamus pada Senin lebih kuat yakni 5,2 M tapi hiposentrum lebih dalam, 95 kilometer. Guncangannya dirasa di Tanggamus dan Liwa, seluruhnya pada skala yang sama: II MMI.

Baca juga:  Pemerintah Berencana Akan Reaktivasi Jalur Kereta di Jawa Barat