by

Indonesia Tidak Akan Impor Lagi Vaksin COVID-19

Seputarnews.com / BANDUNG — Indonesia tidak akan mengimpor lagi vaksin COVID-19, setelah Presiden Joko Widodo meluncurkan vaksin IndoVac di kantor PT Bio Farma, Jalan Terusan Pasteur, Kota Bandung, Kamis (13/10/2022).

Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir menyatakan hal itu sebagai komitmen produksi vaksin dalam negeri yang mampu setara dengan vaksin buatan luar negeri.

“Indonesia tak akan impor lagi vaksin COVID dari luar negeri. Kita sepenuhnya akan menggunakan vaksin buatan dalam negeri, sesuai arahan Menteri Kesehatan,” ucap Honesti.

Menurut Honesti, vaksin IndoVac itu kualitasnya setara dengan vaksin COVID-19 yang selama ini digunakan di Indonesia.

“Dari sisi kualitas, efikasinya, semua sama dengan vaksin impor, itu dibuktikan dengan data hasil uji klinis, bukan hanya pernyataan saya. Dan kepastian tentang kehalalan juga sudah diberikan oleh Kementerian Agama dan MUI,” tuturnya.

Honesti juga menjelaskan, selain untuk kebutuhan dalam negeri, vaksin IndoVac rencananya juga akan dikirim untuk kemanusiaan ke negara-negara yang selama ini tingkat vaksinasinya rendah seperti beberapa negara di Afrika.

“Rencananya kita akan bantu beberapa negara di Afrika yang tingkat vaksinasinya rendah seperti Zimbabwe, Nigeria dan Kenya,” ucapnya.

Seiring waktu, menurut Honesti, produksi vaksin IndoVac akan terus bertambah, mulai dari 20 juta dosis hingga 120 juta dosis.” jelasnya.(Mr)*