by

Dialog Konstruktif antara LSM BAN Kota Bandung dan KASATPOL PP Mengokohkan Kolaborasi dan Sinergitas

Seputarnews.com /Bandung, 2 April 2024 – Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung menjadi saksi dari sebuah pertemuan yang penuh makna antara LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara DPC Kota Bandung dengan Kasatpol PP Kota Bandung RASDIAN SETIADI, S.IP.

Audensi ini digelar dalam upaya memperkuat kerjasama antara lembaga masyarakat sipil dengan aparatur keamanan dalam menjaga ketertiban umum di kota Bandung.

Dalam sambutannya, Ketua LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara DPC Kota Bandung, Rachmat Widodo yang didampingi sekretaris Dodi Junaedi, menegaskan pentingnya sinergi antara LSM dan pihak POLISI PAMONG PRAJA dalam menegakkan Peraturan Daerah, melindungi hak atas warga masyrakat, dan memajukan pola pikir tentang pembagian peran untuk ruang pemberdayaan.

“Kami berkomitmen untuk bekerja bersama dengan Kasatpol PP dalam mewujudkan kota Bandung yang lebih aman, damai, dan berkeadilan bagi semua warganya,” katanya.

Dibalas dengan sikap yang sama optimisnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kota Bandung, Rasdian Setiadi, S.IP menyambut baik kehadiran LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara.

“Kami percaya bahwa kerjasama antara aparat keamanan dan LSM sangatlah penting dalam mengatasi berbagai tantangan sosial dan ketertiban umum yang dihadapi oleh masyarakat,” ucapnya dengan lugas.

Dalam dialog yang berlangsung, berbagai isu sosial dan kegiatan ruang pemberdayaan dibahas dengan detail.

LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara DPC Kota Bandung menyampaikan beberapa rekomendasi untuk peningkatan penanganan kasus-kasus sosial serta isu PKL dan pembinaan masyarakat di bidang ketertiban umum. Kasatpol PP, dari pihaknya, menjelaskan langkah-langkah yang telah dan akan diambil untuk merespons masukan-masukan tersebut.

Tidak hanya itu, audensi ini juga menjadi momentum bagi kedua belah pihak untuk merumuskan rencana kerja sama yang lebih konkret. Kesepakatan untuk mengadakan sosialisasi pemetaan ketertiban bagi UMKM di wilayah sentra kuliner Kota Bandung, diskusi rutin, dan program-program pencegahan pelanggaran PERDA / PERWAL serta penanganan dampak sosial dijadwalkan untuk direalisasikan dalam waktu dekat.

Baca juga:  Angka Reproduksi COVID-19 di Jabar Turun

Pada akhir pertemuan, atmosfer kehangatan dan saling pengertian terpancar dari ekspresi wajah para peserta. Kesepakatan yang tercapai menjadi landasan kokoh bagi kedua belah pihak dalam menjalankan tugas-tugasnya masing-masing demi kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh masyarakat kota Bandung.

Audensi antara LSM Baladhika Adhyaksa Nusantara DPC Kota Bandung dan Kasatpol PP Kota Bandung ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam membangun kemitraan yang berkelanjutan untuk kemanusiaan dan keadilan. (Oki)*