by

Wagub Uu Ruzhanul Mulai Menanam 1.000 Bibit Pohon_

Seputarnews.com / KABUPATEN TASIKMALAYA — Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum memulai penanaman 1.000 bibit pohon untuk rehabilitasi lahan di Kampung Pramuka Kubungsari, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (17/6/2023).

Selain 1.000 bibit pohon, Pemdaprov Jabar melalui Dinas Kehutanan juga memberikan bantuan berupa kotak budidaya lebah madu kepada petani.

Pak Uu –sapaan akrab Wagub—mengungkapkan, penanaman pohon ini menjadi salah satu langkah Pemdaprov Jabar dalam menyosialisasikan program pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Hal ini menjadi penting, karena menurutnya pertumbuhan penduduk dan pembangunan yang terus berlangsung membuat ekosistem bumi mendekati titik kritis.

Ia menilai, banyak pemimpin dan kelompok masyarakat yang pembangunannya mengedepankan kebutuhan rakyat, namun tanpa mementingkan keseimbangan lingkungannya.

“Sehingga di saat sukses sebuah bangunan selesai, terjadi banjir, kemudian sulitnya untuk kebutuhan rakyat yang lain,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Kegiatan menanam pohon, kata Pak Uu, dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan, serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air.

Untuk itu, Pemdaprov Jabar tidak hanya menggenjot kegiatan penanaman pohon, tetapi juga terus meningkatkan optimalisasi saluran irigasi, hingga pembuatan sanitasi air bersih.

“Supaya air yang ada di sini bisa dijadikan cadangan untuk daerah yang lain,” katanya.

Pak Uu berharap, kegiatan penanaman pohon ini menjadi pemantik kolaborasi dan sinergi seluruh pihak dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi momen penting untuk terus memupuk kesadaran serta kepedulian masyarakat dalam mendukung program pembangunan yang berwawasan lingkungan.

Baca juga:  Besok, Pemkot Bandung Akan Tentukan Langkah Soal PSBB Jawa-Bali