by

5 TAHUN JABAR JUARA Ridwan Kamil Raih Penghargaan Pemimpin Tepopuler di Media Arus Utama dari Serikat Perusahaan Pers

Seputarnews.com / DENPASAR — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai berhasil membangun dan menjaga hubungan baik dengan insan pers/media. Kemampuan pengelolaan Media Relations dari pemimpin institusi/pemimpin daerah, ditandai dengan coverage Ridwan Kamil di media arus utama sepanjang 1 Mei 2022 – Mei 2023 secara konsisten. Kriteria inilah yang membuat Ridwan Kamil layak diberikan penghargaan oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS) sebagai Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama 2023.

Penobatan dan pemberian penghargaan dilangsungkan pada malam penghargaan HUT 77 SPS yang berlangsung di Rumah Kediaman Gubernur Bali, Denpasar, Jumat malam (11/08/2023).

Perhatian Gubernur Ridwan Kamil terhadap industri media massa ditunjukkan secara terbuka dalam beberapa kesempatan. Kang Emil — panggilan akrabnya — percaya dan berharap dengan kekuatan besarnya,  industri media massa berperan penting dalam membangun Indonesia melalui gagasan positif.

Kang Emil meyakini media massa arus utama (mainstream) akan tetap menjadi acuan karena kredibilitasnya yang sudah dibangun sejak lama.

“Tapi dalam pelaksanaan operasionalnya media massa mainstream harus mampu mengikuti perkembangan zaman dalam hal ini era digital,” katanya di Bandung, saat bertemu di sebuah kesempatan bersama insan pers, Rabu (2022).

Sementara itu dalam sambutannya,  Ketua Umum SPS sekaligus Komisaris Utama Pikiran Rakyat, Januar P. Ruswita menyerukan ke semua pihak terutama pemerintah untuk hadir menyelamatkan industri pers Indonesia. Ini dimaksudkan agar di tengah berita palsu yang menjejali benak publik setiap saat, pers tetap bisa menjalankan fungsinya dengan baik dan bermartabat.

Menurutnya, industri pers saat ini sedang terancam oleh keberadaan platform digital global. “Banyak perusahaan pers yang mendegradasikan diri melalui produk jurnalistiknya dengan mengubah karya menyesuaikan selera algoritma platform,” ujarnya, di Denpasar (11/08/2023).

Baca juga:  HARI JADI KOTA CIMAHI Revitalisasi Alun-alun Cimahi Hadiah Buat Warga

*77 Tahun Serikat Perusahaan Pers*
Serikat Perusahaan Pers (SPS) tahun ini genap berusia 77 tahun. Di Yogyakarta pada 8 Juni 1946, tokoh-tokoh dan pendiri perusahaan-perusahaan pers nasional berkumpul untuk mengikrarkan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS). Pada Kongres XXIII di Bali tahun 2011, organisasi bertransformasi menjadi bukan sekedar organisasi penerbit media cetak tetapi juga non-cetak, dan mengubah brand menjadi Serikat Perusahaan Pers, singkatan tetap SPS.

Saat ini SPS memiliki 30 cabang provinsi yang di seluruh Indonesia, dengan 538 anggota perusahaan pers. Di usia ke-77, SPS kembali lagi ke Bali dengan serangkaian perhelatan kegiatan yang berlangsung sejak 10  Agustus, yakni Dialog Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas).

Pada puncak perayaan HUT ke-77, SPS berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Bali menghadirkan sesi penobatan empat penghargaan bergengsi di bidang media. Terentang dari Media Brand Award, Media Relations Award, serta Korporasi dan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama. Tak lupa SPS juga akan memberikan Penghargaan Khusus, yakni Lontar & Lestari Award.

Empat penghargaan bergengsi yang diberikan kali ini terdiri dari:
•Pemimpin Terpopular di Media Arus Utama untuk Daerah dan Kementerian/Lembaga
•Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama kepada 16 perusahaan
•Pemenang Media Relations Award, kategori: Media Special Program (5 pemenang), Press Gathering (3 pemenang), Press Conference (5 pemenang), dan Press Release (14 pemenang).
•Pemenang Media Brand Award, kategori Media Nasional sebanyak 20 pemenang.

Para peraih penghargaan untuk Kategori Pemimpin Daerah:
Arief Rachadiono Wismansyah, Wali Kota Tangerang
Eri Cahyadi, Wali Kota Surabaya
Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat
Wayan Koster, Gubernur Bali

Kategori Pemimpin Kementerian/Lembaga
Anggoro Eko Cahyo, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan
Basuki Hadimuljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Erick Thohir, Menteri BUMN
Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan
Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia

Baca juga:  Gub Jabar Semangati Atlet Jabar Raih Perunggu Olimpiade, Windy Dapat Kadeudeuh dari Pemda Prov Jabar