by

Wapres Amin Maruf Bemberikan Orasi Ilmiah Sidang Rerbuka Senat Wisuda ke-67 Di UNINUS

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG — Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mendampingi Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dalam kunjungan kerja di Kota Bandung, Kamis (16/11/2023).

Pada kunjungannya tersebut, Wapres Amin memberikan orasi ilmiah pada sidang terbuka senat dalam rangka wisuda ke-67 dan Milad Ke-64 Universitas Islam Nusantara (Uninus).

Dalam orasinya, Wapres mengatakan bahwa institusi perguruan tinggi di tengah masyarakat global saat ini terus mengalami perubahan.

Perguruan tinggi yang semula menjadi tempat akademisi berkembang kini menjadi rumah tumbuhnya peneliti. Banyak penemuan dan inovasi penting bahkan mampu mengubah wajah peradaban.

“Perguruan tinggi bukan saja tempat mengasah ilmu pengetahuan, melainkan juga insitusi kunci yang berperan konkret dalam membangun akhlak, budaya, dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Menurut Wapres, tugas utama perguruan tinggi bukan hanya menghasilkan lulusan sebanyak-banyaknya, melainkan juga mencetak alumni yang berkualitas dan berakhlak, yakni alumni yang mampu berkontribusi besar sesuai dengan tuntutan dunia, industri, dan perkembangan zaman.

“Pendidikan adalah kunci masa depan bangsa karena itu mutu dan kualitas pendidikan pada semua jenjang terutama perguruan tinggi mesti terus ditingkatkan,” pesan Wapres.

Salah satu upaya pemerintah dalam membangun kemaslahatan umat telah dituangkan dalam visi Indonesia Emas 2045.

Wapres menuturkan, bangsa Indonesia mesti bergegas mengerahkan segala potensi demografi, yakni jumlah angkatan yang tinggi dan memiliki kecakapan digital.

“Oleh karena itu perguruan tinggi menjadi faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi jangka panjang, pengembangan teknologi serta peningkatan keahlian dan daya saing SDM,” ujar Wapres.

Usai orasi ilmiah, Wapres kemudian melanjutkan agenda lainnya di Jakarta. Wapres dan rombongan bertolak ke Ibu Kota menggunakan kereta cepat Whoosh dari Stasiun Tegalluar, Bandung.

Baca juga:  Gub Jabar Ridwan Kamil Tinjau Pelaksanaan PPDB di Majalengka