by

Wagub Jabar: Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Diharapkan Beri Pelayanan Prima

Seputarnews. com/ KOTA BEKASI – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melantik 21 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Jakarta – Bekasi Tahun 2022 di UPT Asrama Haji Bekasi, Kota Bekasi, Sabtu (21/5/2022).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 436 Tahun 2022.

 

Pak Uu -sapaan Wagub Jabar – berharap melalui pelantikan dan pengukuhan ini, para PPIH mampu memberikan pelayanan prima dan baik karena citra Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berada di pundak PPIH yang bertugas, sehingga niatkan _lillahi ta’ala, insyaallah_ mendapatkan pahala.

“Kalau pelayanan mereka baik, maka citra pun baik, tapi sebaliknya kalau pelayanan mereka kurang baik, maka kami pun selaku pemerintah citranya akan kurang baik,” tuturnya.

“Tolong layani dengan baik, sesuai dengan tupoksinya masing-masing,” tegas Pak Uu.

Selain itu Pak Uu berpesan pada para jemaah mulai menyiapkan mental dan fisik dalam menunaikan ibadah haji. Diusahakan mulai sekarang harus banyak berolahraga, menjaga pola makan, dan pikiran pun harus tenang.

“Ingat, ibadah haji adalah ibadah _fi’li_ bukan ibadah _qaoli_. Artinya, gerakan-gerakan badan kita yang menjadi substansi ibadah kita di Mekah. Mulai dari _sai, wukuf, jumroh_ dan _tawaf_itu kan semua ibadah _fi’li_,” papar Pak Uu.

“Jadi siapkan mental dan kesehatan, terlebih tetap dekatkan diri pada Allah SWT,” imbuhnya.

Pak Uu juga berharap jemaah yang berangkat menunaikan ibadah menjadi haji yang mabrur, diberi kelancaran dan kesehatan dalam beribadah, serta diberi keselamatan selama keberangkatan dan kepulangan ke Tanah Air.

Staf Khusus Menteri Agama Nurjaman menyampaikan amanat dari Menteri Agama RI pada PPIH yang telah dilantik, bahwa Kementerian Agama bertugas memberikan layanan ibadah pada para calon jemaah, maka berikan layanan yang terbaik.

Baca juga:  Gub Jabar Serahkan Bantuan Hibah Kepemudaan dan Olahraga Ke Organisasi dan Dispora,

“Dua tahun jemaah haji Indonesia batal berangkat untuk melaksanakan ibadah. Dan tahun ini, alhamdulillah mendapatkan kesempatan walaupun dengan keterbatasan jumlah hanya 48 persen dari total jemaah,” ungkapnya.

“Saya pastikan pada Kepala Kanwil dan Pak Wagub, insya Allah tahun 2023 jamaah haji Indonesia akan bertambah kuotanya,” tegas Nurjaman.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat Ajam Mustajam menuturkan, selain dilaksanakan pelantikan dan pengukuhan PPIH diberikan pula pembinaan bagaimana melayani para jemaah dengan sebaik mungkin. Dirangkaikan pula Meal Test untuk para jemaah selama penerbangan menuju Madinah.

“Penerbangan jemaah haji akan menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines jenis Boeing 777 dengan kapasitas kurang lebih 400 penumpang,” jelas Ajam.