by

Tri Joko Purnomo Adalah Seniman Pelukis Asal Yogyakarta Yang Sangat Luar Biasa

Seputarnews.com/ BANDUNG- Seniman lukis yang kerap dipanggil sebutan Joonk dengan nama lengkapnya Tri Joko Purnomo, seniman lulusan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa tahun 1994, beliau telah  membuat atraksi menarik. Ia tampil beraksi sebagai Mister X dan melukis dengan mata tertutup dalam waktu 10 menit.

Atraksi yang dilakukannya di Padepokan Parupuyan, Bandung berbarengan dengan acara ruwatan bumi agung. Saat itu, Joonk dengan mata tertutup melukis harimau atau maung secara terbalik dan hanya dalam waktu 10 menit saja.

Kabar ini mencuat di kalangan pencinta atraksi dan karya seni. Performance yang tidak biasa ditampilkan oleh pria yang juga salah satu pendiri sanggar seni Suwung Yogyakarta itu.

“Joonk saat ditemuin awak media seputarnews.com memaparkan tentang atraksi yang digelar berbeda dengan yang lainnya, menurutnya atraksi yang digelar tersebut sengaja ingin merancang sebuah pertunjukkan yang berbeda dari seniman lukis biasanya. Ia ingin memberikan nuansa baru berkesenian yang mungkin belum banyak dilakukan para seniman. kata Tri Joko, saat dijumpai di rumah kediamannya  daerah Buah Batu Bandung, 22/2-2023

“Saya melukis terbalik dengan mata tertutup untuk memberikan warna baru di dunia seni dan budaya, bahwa melukis juga bisa menjadi seni pertunjukan yang memikat. Biasanya orang melukis untuk kebutuhan pameran, pesanan, koleksi, dijual dan biasa di studio melukisnya. Saya buat melukisnya di depan khalayak dengan cara tidak biasa,” ucapnya.

Joonk mengungkap tidak ada unsur mistis dalam aksinya, karena seluruh tahapan murni dijalani dengan latihan dan skill yang dimiliki. Semuanya menjadi menarik karena dikemas dengan aksi panggung yang memang dipikirkan secara detail.

“No magic (bukan sihir), saya tekankan bahwa semua di dapat karena latihan dan skill. Saya melukis sejak lama dan sekarang ingin menampilkan sesuatu yang menarik. Aksi-aksi ini yang ke depan mungkin akan terus saya lakukan,” jelas Joonk sebagai almamater lulusan fakultas seni rupa ini.

Baca juga:  Plh Gub Jabar  Uu Ruzhanul Ulum Kementerian Hukum dan HAM, Canangkan Pariwisata Berbasis HAM di Jabar

Melukis di atas kanvas berukuran 1×1 meter, Joonk melukis kepala harimau secara terbalik dengan mata tertutup dan hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit saja. Bahkan cat pewarna  digunakan dari bahan bahan alami .

Salah satunya cat pewarna yang dipakai buah naga, kunyit, daun suji, ampas kopi juga arang kayu. Ini yang mungkin membedakan karya saya dengan seniman lain. Saya suka eksplore hal-hal dari alam,” tambahnya

BACA JUGA : Ridwan Kamil Resmikan Gedung Creative Center Tasikmalaya

Kini setelah melakukan satu kali atraksi di Bandung, Joonk ingin menginisiasi penampilan lain di berbagai lokasi. Ia ingin seni lukis dinikmati dengan sudut pandang lain, lewat aksi panggung yang menarik dan tidak biasa.

Bahkan Joonk menekuni seni budaya itu bukan hanya sebagai pelukis saja, bahkan dibidang lainnya pun dijalani, seperti seni musik pun beliau tidak kalah dengan para seniman musik lainnya. ”tutupnya.(Danis)*