by

Touring dan 6 Persiapan yang Wajib Dilakukan Komunitas

seputarnews.com – Subang – Penggemar sepeda motor tentu paham benar apa yang harus dilakukan ketika touring. Namun apakah Anda, pengendara motor yang memiliki komunitas, sebenarnya sudah tahu apa itu touring? Meski touring adalah salah satu kegiatan rutin, namun ada baiknya juga kita memahami arti dari istilah ini.

Kelompok dari Komunitas Masyarakat Mitra Ciumbuleuit yang disingkat KOMMICI adalah salah satu perkumpulan masyarakat yang digagas oleh pengurus diantaranya sebagai ketua KOMMICI Bp. Aditya dan Wakil KOMMICI Bp. Furqon, beliau adalah sebagai Birokrasi dari Pemerintahan di Kota Bandung Jawa Barat serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) KOMMICI Bp. Anna, sebagai pendidik generasi milenial (Gen Z) dan Komunitas ini di dibimbing oleh Pembina Bp. Maman (salah seorang Camat) di Kota Bandung.

“Touring sangat dekat dengan komunitas motor yang ada di seluruh dunia.

Selain itu, komunitas mobil juga terkadang melakukan kegiatan ini untuk bertemu dengan anggota komunitas lain, dan sekedar berbincang dan menjalin silaturahmi. Mari kita bahas apa itu touring secara lebih jelas.

Pengertian dari Touring

Jika dilihat dari kegiatan rutin yang dilakukan dan definisi dari berbagai sumber, maka dapat dipahami bahwa touring adalah kegiatan melakukan perjalanan jauh ke luar kota, lintas provinsi, dan lintas pulau secara bersama-sama dengan anggota komunitas.

Kegiatan touring sendiri biasa dijadikan agenda untuk komunitas motor guna menjalin tali silaturahmi dan kedekatan secara emosional. Interaksi secara langsung yang terjalin saat touring juga akan membuat anggota komunitas memiliki sense of belonging, sehingga komunitas semakin solid.

Di era kekinian, touring tak semata hanya untuk melintasi jalanan dan menuju ke satu titik saja. Ada pula touring yang memiliki misi atau agenda khusus, yang biasanya sudah disusun sebelumnya sehingga kegiatan dalam touring semakin beragam.

Baca juga:  Nikmati Malam Minggu di Majalengka, Ridwan Kamil Bermain Bola dengan Anak-anak

Misalnya, touring untuk promosi produk, atau touring untuk menyampaikan pesan sosial, atau touring untuk mempromosikan suatu gaya hidup yang ingin dikenalkan kepada masyarakat luas untuk meningkatkan awareness masyarakat.

Persiapan Touring adalah Hal yang Penting

Nah setelah memahami arti atau definisinya, Anda juga wajib mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan dalam rangka kegiatan touring. Anda bisa lihat di poin berikut ini.

1. Menentukan rute perjalanan dan tempat yang akan dituju, pertimbangan kondisi cuaca dan musim untuk hal ini.

2. Alat komunikasi untuk setiap anggota agar tidak adalah salah paham atau salah persepsi dalam perjalanan.

3. Kondisi kendaraan, jelas, untuk hal ini tak ada kompromi dan wajib benar-benar prima.

4. Kesehatan fisik dan mental, selain kendaraan Anda juga wajib menyiapkan fisik dan mental untuk kegiatan ini.

5. Estimasi biaya yang mungkin dikeluarkan, mulai dari biaya makan, bahan bakar, dan biaya lainnya.

6. Perhatikan ramalan cuaca sebagai pertimbangan tambahan.

Cukup mudah dipahami bukan? Touring adalah satu kegiatan yang dilaksanakan secara rutin, sehingga agaknya akan sangat ideal jika semua anggota komunitas motor paham benar artinya. Semoga berguna, dan semoga dari kegiatan touring bisa menjadikan Silaturahmi yang sangat bermanfaat. (Ims*)