by

Sehari Jelang Pencoblosan, Pj Gub Jabar Bey Machmudin Cek Kesiapan TPS

seputarnews.com / KOTA CIMAHI — Sehari menjelang pencoblosan Pemilu 2024, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengecek kesiapan tempat pemungutan suara (TPS) di wilayah Bandung Raya, Selasa (13/2/2024) malam.

Bey mengunjungi beberapa TPS bersama jajaran Forkopimda yakni Kapolda Jabar, Pangdam III/ Siliwangi, Kajati, Kabinda, serta Ketua KPU Provinsi dan Bawaslu Provinsi.

 

TPS yang dicek yakni TPS 48, di Desa Cingcin, Kecamatan Soreang, lalu ke TPS 14 Desa Kopo, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung.

Dari Kabupaten Bandung, Bey bergerak ke Kota Cimahi mengecek TPS 29 Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah.

Selain mengecek kesiapan TPS, Bey juga turut memusnahkan surat suara yang rusak di gudang KPU Kota Cimahi, Jalan Mahar Martanegara. Surat suara yang rusak tersebut dimusnahkan karena tidak bisa dipakai pada hari pencoblosan.

Dari pantauannya, Bey meyakini TPS sudah sangat siap menggelar pemilu. “Tadi juga kami menanyakan tentang DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan juga untuk beberapa hal yang harus dihindari mengantisipasi kecurangan,” ucapnya.

Bey Machmudin kembali mengingatkan agar petugas di TPS siap siaga mengantisipasi perubahan cuaca yang bisa terjadi kapan saja. Terutama jika terjadi hujan deras. Jangan sampai kurangnya antisipasi menghambat proses pemungutan suara.

Terkait logistik, Bey menyatakan urusan tersebut sudah selesai dan tak ada hambatan berarti.

Terkait aksi “serangan fajar” yang dikhawatirkan terjadi di waktu- waktu terakhir menjelang pencoblosan, Bey mengatakan hal itu harus diawasi dan diantisipasi bersama.

Masyarakat, katanya, bisa aktif melapor kepada Bawaslu ataupun pihak berwenang jika oleh orang dijanjikan materi atau diiming – imingi sesuatu agar memilih calon atau partai tertentu.

Bey sendiri sedianya akan mencoblos di Jalan Garut, Kota Bandung, dekat kediaman ibunya. Namun karena daftar pemilih sudah penuh, maka Bey akan mencoblos di Jalan Cianjur.

Baca juga:  Jalin Sinergi dengan Komunitas Medsos, Diskominfosantik Gelar Ngobak