by

Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Jabar ke 79, DPRD Jabar Apresiasi Pencapaian Pemdaprov Jabar

Seputarnews.com / Kota Bandung -DPRD Provinsi Jawa Barat menggelar acara rapat paripurna memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jabar tahun 2024. Dalam rapat paripurna peringatan Hari Jadi ke-79 DPRD Jawa Barat mengapresiasi berbagai pencapaian Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigadir Jenderal TNI (Purn) Taufik Hidayat mengatakan, di momentum Hari Jadi ke-79 DPRD Jawa Barat mengapresiasi berbagai keberhasilan Pemdaprov Jabar diantaranya; opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk ke-13 kalinya.

 

Penghargaan sebagai provinsi terbaik pertama dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) Awards 2024 yang diberikan Kementerian Dalam Negeri RI, Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2024 sebagai daerah terbaik pertama di Indonesia dalam pembangunan daerah.

“Pencapaian ini didukung inovasi Gerbang Desa (Gerakan Membangun Desa) yang melahirkan 1.820 Desa Mandiri yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN), dan penghargaan lainnya. Semoga prestasi dan penghargaan tersebut dapat meningkatkan pengabdian dan pelayanan Pemdaprov Jabar kepada masyarakat Jabar,” Kata Taufik Hidayat, Kota Bandung, Senin (19/8/2024).

Selain menyampaikan apresiasi, berbagai keberhasilan Pemdaprov Jabar, dalam rapat paripurna memperingati Hari Jadi ke-79 Provinsi Jabar, DPRD Jawa Barat menyampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya atas perjuangan para pendahulu yang telah memperjuangkan Jabar sebagai salah satu provinsi termaju di Indonesia.

“Puji serta syukur tidak henti-hentinya kita panjatkan kepada Allah SWT, karena pada hari ini Senin 19 Agustus 2024 Jawa Barat memasuki usia yang ke-79. Kami atas nama pimpinan dan anggota DPRD Jawa Barat mengucapkan selamat Hari Jadi ke-79 kepada seluruh masyarakat Jabar. Semoga masyarakat Jawa Barat semakin maju dan sejahtera lahir dan batin, Jabar Menyala, Indonesia Maju,” ucapnya.

Baca juga:  Wagub Jabar Hadiri Lepas Sambut Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto Gantikan Letjen TNI Tri Soewandono

Dalam sambutannya, Taufik Hidayat menyampaikan apresiasi kepada DPRD Jawa Barat masa jabatan periode 2019-2024 yang akan berakhir pada 2 September 2024. Sehingga peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jabar ini merupakan peringatan yang terakhir pada masa jabatan ini.

“Untuk itu kami segenap pimpinan DPRD Jawa Barat mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota DPRD Jawa Barat periode 2019-2024 yang selama ini telah memberikan dedikasi, tenaga, waktu, pikiran dan mendarmabaktikan diri untuk masyarakat Jabar. Sehingga Provinsi Jabar menjadi salah satu provinsi termaju di Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin menyampaikan berbagai pencapaian pembangunan melalui indikator makro di Jawa Barat dari tahun 2023 sampai dengan tahun 2024 diantaranya; Indeks Pembangunan Manusia (IPM) menunjukkan peningkatan, tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sekitar 217.000 dan lain sebagainya.

Masih dalam sambutannya Bey Triadi Machmudin pun menyampaikan Jabar sebagai provinsi pertama penyumbang ekspor ekonomi pada tahun 2023.

“Pada tahun 2023, Jabar menjadi provinsi pertama penyumbang ekspor ekonomi. Hal ini merupakan kabar yang baik untuk Jawa Barat dan semoga akan terus berkembang dan lebih maju seperti taglinenya “Jabar Menyala, Indonesia Maju,” tambahnya.

Sebelum sambutan Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin. Sekretaris Pemdaprov Jabar Herman Suryatman menyampaikan sejarah singkat Jawa Barat setelah kemerdekaan Indonesia.

Untuk diketahui rapat paripurna memperingati Hari Jadi ke-79 tahun 2024 dipimpin langsung Ketua DPRD Jawa Barat Brigadir Jenderal TNI (Purn) Taufik Hidayat, turut mendampingi Wakil Ketua DPRD Jawa Ineu Purwadewi Sundari dan Oleh Soleh. Hadir Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, Sekretaris Pemdaprov Jabar Herman Suryatman dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Jabar.