by

Pj Gub Jabar Bey Machmudin kepada ASN pada Peringatan Maulid Nabi SAW

Sinergi Hadapi Tantangan Hari Ini

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG — Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengingatkan para ASN Pemdaprov Jabar ada banyak tantangan yang harus dijawab hari ini.

Hal itu dikatakan Bey saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tingkat Setda Provinsi Jabar di Masjid Al Muttaqin Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (29/9/2023).

“Banyak cobaan dan tantangan yang dihadapi Provinsi Jabar seperti kekeringan juga harga-harga (pangan) yang naik, sampah dan sebagainya. Ini merupakan tantangan bagi kita untuk bagaimana kita bekerja sama mengatasi ini semua,”

Bey yakin dengan SDM ASN yang unggul, Pemdaprov Jabar mampu bersinergi dalam menjawab berbagai tantangan tersebut.

“Jadi intinya adalah bagaimana kita menyikapi tantangan itu, apakah kita bertahan atau menjadikan tantangan itu sebuah semangat. Sebagaimana juga dicontohkan oleh Rasulullah, saya yakin di lingkungan Pemdaprov Jabar ini semua bekerja sama bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat,” kata Bey.

Bey juga menegaskan
menjelang Pemilu 2024, ASN diharapkan untuk lebih hati-hati terhadap kegiatan di pemerintah maupun di masyarakat.

ASN memiliki tiga fungsi yaitu pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, perekat dan pemersatu bangsa. Oleh karena itu, dalam bertugasย  ASN harus menunjukkan netralitas.

“Yang kita ketahui banyak pesan dari ajaran beliau (Muhammad SAW) yang masih relevan di tengah perubahan zaman. Apalagi kita akan menghadapi Pemilu 2024,” ujarnya.

“Dan saya yakin bahwa ASN di Gedung Sate akan menjujung tinggi netralitas, menjaga perdamaian, persaudaaraan dan kasih sayang di antara kita semua,” tambahnya.

Ia juga mengajak agar selalu mempedomani apa yang telah dicontohkan oleh Rasullulah salah satunya menjaga kerukunan umat beragama serta budaya.

Baca juga:  Kemendibud RI Tidak Hadir, Panitia Batalkan Seminar Nasional Digitalisasi Dunia Pendidikan

Terlebih Jawa Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keanekaragaman budaya dan adat istiadat yang diturunkan secara turun temurun, dari generasi ke generasi.

“Pada intinya kita semua harus mempedomani apa yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Menjaga kerukunan antarumat bergama, suku dan budaya. Kita tahu di Jabar ini banyak banyak beragam suku dan budaya semuanya harus hidup rukun, tenteram, di tanah Jabar ini,” ujarnya

Terkahir, Bey berpesan dalam momentum Maulid Nabi, agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, menghilangkan perbedaan dan konflik demi Jawa Barat yang lebih baik yang berdasarkan nilai agama dan budaya kita yang luhur

“Semoga peringatan Maulid Nabi ini memberikan berkah kedamaian dan kebahagaian untuk kita semua,” pungkasnya.