by

Pj Gub Jabar Bey Machmudin Apresiasi Bantuan 726.000 Buku dari Perpusnas untuk 726 Desa di Jabar

_Bangun literasi dan kecerdasan masyarakat_

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG– Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah memberikan dukungan nyata dalam membangun budaya literasi dan meningkatkan kecerdasan masyarakat Jabar melalui sumbangan 726.000 buku.

Sebanyak 726.000 buku dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI itu diberikan pada acara rangkaian kegiatan Gerakan Indonesia Membaca Provinsi Jabar di El Royale Hotel, Kota Bandung, Selasa (25/6/2024).

Dari total sumbangan tersebut tiap desa mendapat bantuan 1.000 judul buku.

“Atas nama masyarakat Jawa Barat, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Perpustakaan Nasional atas program bantuan 1.000 judul buku kepada 726 desa di Jabar. Ini adalah bentuk nyata dukungan pemerintah pusat dalam membangun literasi dan tingkat kecerdasan masyarakat Jawa Barat,” ungkap Bey Machmudin dalam sambutan.

“Kami berharap kegiatan ini menghasilkan hal-hal baik yang dapat ditindaklanjuti supaya anak-anak kita gemar membaca,” imbuhnya.

Bey juga menyebut soal darurat literasi yang terasa dampaknya di Jabar dan sejumlah metode yang memungkinkan diterapkan di sekolah atau perguruan tinggi.

Ia mengungkapkan, inspirasi tersebut diperolehnya saat rapat bersama dengan anggota Majelis Wali Amanat Institut Teknologi Bandung (ITB).

“Saya menyampaikan dalam rapat itu bahwa di perguruan tinggi yang maju, mahasiswa sudah jarang mendengarkan dosen mengajar, melainkan diberi buku dan lebih banyak diskusi. Nilainya itu makin mereka menguasai buku  akan semakin baik,” ujarnya.

“Apakah metode itu memungkinkan diterapkan agar mahasiswa juga dibiasakan membaca, mungkin satu minggu satu buku,” tambahnya.

Bey berharap dengan bantuan 726.000 buku dari Perpusnas untuk 726 desa ini akan semakin tumbuh kegemaran membaca di Jabar.

Baca juga:  Jabar Gencarkan Penanaman Jutaan Bibit Mangrove di Pesisir Utara