by

Pj. Gub Jabar Bey Machmudin Akan Mencoblos di Kota Bandung

_TPS dekat kediaman ibunda_

seputarnews.com / KOTA BANDUNG – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan akan menyampaikan hak pilih dalam Pemilu 2024. Ia akan memberikan suara untuk pemilihan presiden dan pemilihan legislatif di Kota Bandung.

Ia rencananya akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jalan Garut, yang juga merupakan kediaman ibunda Bey Machmudin. Posisi TPS tersebut berdekatan pula dengan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar.

“Saya (akan mencoblos) di Jalan Garut,” kata Bey, Senin (12/2/2024).

Awal menjabat sebagai Pj Gubernur Jabar, Bey memilih tinggal di rumah ibundanya dibandingkan di rumah dinas Gedung Pakuan.

Sementara itu istri dan anak-anak Bey Machmudin akan memberikan hak pilih di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, tempat mereka bermukim.

Bey mengungkapkan, ia tak bisa meninggalkan Kota Bandung untuk memilih di Tangerang karena menjalankan tugas sebagai Pj.

Menurutnya, saat pencoblosan dirinya akan ditemani oleh ibunda untuk menyampaikan hak pilih. Usai mencoblos, direncanakan Bey bersama Forkompinda Jabar akan memantau situasi pemungutan suara.

“Nanti ditemani Ibu. TPS-nya dekat kantor KPU Jabar, tapi (setelah mencoblos) saya akan langsung keliling,” ujarnya.

Bey mengungkapkan pula bahwa dia hanya akan menyampaikan hak pilih untuk pilpres dan pileg DPR RI karena aturan domisili.

“Saya tidak bisa memilih pileg untuk DPRD Jabar dan Kota Bandung,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Bey juga berharap, Jabar yang telah mendeklarasikan Jabar Anteng (Aman Netral Tenang) pada Pemilu 2024 bisa terwujud situasi yang kondusif.

*Antisipasi potensi bencana*

Ia menegaskan pula, di tengah masa puncak musim penghujan yang rawan bencana hidrometeorologi, juga berpotensi menghambat jalannya pemilu, maka perlu diantisipasi. Jangan sampai ada warga yang kehilangan hak pilih.

Baca juga:  Uu Ruzhanul Dorong Link and Match Sekolah Vokasi

Pemdaprov Jabar telah berkoordinasi dengan BMKG dan PVMBG untuk mitigasi bencana dan mengerahkan 1.800 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang disiagakan di seluruh kecamatan.

Sebelumnya, Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni melaporkan bahwa di Jawa Barat telah ditetapkan 35.714.901 Daftar Pemilih Tetap (DPT), yang tersebar di 140.457 TPS.

Pendistribusian logistik pemilu berjalan lancar ke semua wilayah di Jabar sehingga pencoblosan pada hari Rabu (14/2/204) siap dilaksanakan.