by

Pemprov Jabar dan Rindam III/Siliwangi Asah Kekompakan Capaska Jabar

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG – Dalam hitungan hari, upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 segera digelar. Pemda Provinsi Jabar pun melakukan sejumlah persiapan, termasuk membina Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk mengibarkan bendera pada upacara Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Jabar di Lapang Gasibu, Kota Bandung, Rabu (17/8/2022) mendatang.

Sebanyak 36 Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaska) perwakilan dari 27 kota dan kabupaten di Jabar, yang terdiri dari 18 putra dan 18 putri, telah melangsungkan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka sejak 4 Agustus 2022 lalu di Hotel Serella Kota Bandung dan Lapang Gasibu.

Di bawah pimpinan Pelatih Kepala Letda Inf Deden Jimi F.L dari Rindam III/Siliwangi serta Dinas Pemuda dan Olahraga Jabar, 36 remaja yang duduk di bangku kelas XI SMA itu diberikan pemantapan baris-berbaris, kedisiplinan, materi wawasan kebangsaan dan lainnya selama dua pekan hingga akhirnya puncak pengibaran dan penurunan bendera pusaka usai ditunaikan.

Deden mengatakan, pembinaan Capaska tahun ini tetap mengedepankan protokol kesehatan mengingat saat ini pandemi belum melandai. Pihaknya harus mempersiapkan Paskibraka Jabar agar sukses dalam mengibarkan dan menurunkan bendera pusaka pada Hari Kemerdekaan RI Tingkat Jabar.

“Yang ditekankan kami pada teman-teman di sini terutama faktor keamanan, kesehatan dan disiplin yang penting karena mereka akan tampil dilihat banyak orang, makanya mereka harus disiplin dan latihan maksimal,” tutur Deden di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (13/8/2022).

Deden mengaku selalu menegaskan untuk menumbuhkan semangat dan konsentrasi mereka dengan memberikan motivasi bahwa mereka, ke 36 Capaska Jabar ini, merupakan orang-orang terpilih di Jabar. Dengan demikian, mereka harus memanfaatkan kesempatan tersebut.

Baca juga:  Gaungkan Potensi Jabar Selatan Lewat Balap Sepeda

“Mudah-mudahan pada saat pelaksanaan nanti sukses, sempurna dan aman sampai selesai,” tuturnya.

BACA JUGAGub Jabar Kukuhkan Paskibraka Jabar 2022

Ketua Pelaksana Kegiatan Riza Rahman mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang bertujuan untuk mempersiapkan Capaska dalam pengibaran bendera pusaka pada 17 Agustus nanti.

36 Putra/Putri Capaska terpilih dari Kota/Kabupaten Jawa Barat yang bertugas menaikkan dan menurunkan bendera pusaka di Gasibu nanti merupakan perwakilan dari 27 kota dan kabupaten. Tiap kota dan kabupaten mengirimkan satu hingga dua delegasi mereka ke tingkat Jabar.

“Sebenarnya ada 38 orang yang lolos hingga tingkat Jabar, namun ada dua orang yang masuk pada Paskibraka tingkat nasional, yaitu yang putrinya dari Cianjur dan putranya dari Kabupaten Bekasi,” ucapnya.

Riza pun menuturkan, pihaknya mengapresiasi pelaksanaan pemusatan latihan berjalan lancar dan para Capaska dengan mudah dapat beradaptasi dengan pemusatan pelatihan dan mengkikuti instruksi pelatih dengan baik. (Tya)*