by

Lepas Mudik Gratis, Sekda Jabar Harap Masyarakat Bahagia

aeputarnews.com /KOTA BANDUNG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman melepas Mudik Gratis 2024 yang diselenggarakan Pemda Provinsi Jabar, Jasa Raharja, dan berbagai pihak lain di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, Sabtu (6/4/2024).

Herman berharap program Mudik Gratis 2024 dapat membawa kebahagiaan bagi masyarakat Jawa Barat menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Dari kegiatan Mudik Gratis, harapannya masyarakat bahagia, mudah-mudahan masyarakat bahagia. Karena tugas pemerintah adalah menyejahterakan dan membahagiakan masyarakat,” ucap Herman.

Menurut Herman, Mudik Gratis juga menjadi salah satu upaya mengakomodir masyarakat agar dapat melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman, sekaligus dapat mengurangi kepadatan lalu lintas.

“Mudik Gratis ini adalah salah satu atensi dari Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat untuk masyarakat Jawa Barat agar bisa melaksanakan mudik dengan lancar,” katanya.

Herman melaporkan, tersedia 17 bus untuk sekitar 850 pemudik di Terminal Leuwipanjang dengan dua rute mudik yakni Bandung – Cilegon (Merak), dan Bandung – Sukabumi.

Sementara di Terminal Cicaheum Kota Bandung, terdapat rute Bandung – Yogyakarta (Giwangan), Bandung – Solo (Tirtonadi), Bandung – Tasikmalaya (Indihiang), Bandung – Pangandaran.

Kemudian di Terminal Jatijajar Depok, terdapat rute Depok – Yogyakarta (Giwangan), dan Depok -Solo (Tirtonadi), sedangkan Terminal Cileungsi Kabupaten Bogor dengan rute Bogor – Yogyakarta (Giwangan).

Tak hanya mudik keluar Jawa Barat, terdapat pula rute mudik menuju Jawa Barat, seperti rute Yogyakarta (Giwangan)- Bandung (Cicaheum), dan Yogyakarta (Giwangan) – Kuningan (Kertawinangun).

Herman menyatakan, masyarakat sangat antusias mengikuti program Mudik Gratis tersebut. Adapun berdasarkan data Dinas Perhubungan Jawa Barat pada 6 April 2024, sebanyak 2.192 kursi dari kuota 3.199 kursi Mudik Gratis sudah terisi.

Baca juga:  JABAR INNOVATIVE FELLOWSHIP Ridwan Kamil Terima Gagasan Profesional Muda

Bus yang digunakan dalam Mudik Gratis dipastikan dalam kondisi prima setelah melewati berbagai proses pengecekan. Begitu juga supir maupun kru bus dipastikan dalam keadaan sehat dan bugar, sehingga diharapkan perjalanan berlangsung aman, nyaman, dan lancar.

“Insyaallah ini sudah dikoordinasikan dengan baik oleh Pemda Provinsi Jabar dan Terminal Leuwipanjang, supirnya sudah dicek, sehat-sehat semuanya, bebas dari narkoba, karena kami harus menjamin keselamatan sampai di tujuan,” kata Herman.