by

Lepas 100 Pesepeda, Gub Jabar: Komitmen Pemdaprov Jabar Pulihkan Ekonomi Pascapandemi

CYCLING DE JABAR 2022

Seputarnews.com / KABUPATEN SUKABUMI — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas 100 pesepeda peserta Cycling de Jabar 2022 di tepi pantai  Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/8/2022) pagi.

Ajang balap ini akan menempuh jarak sejauh 367,5 kilometer. Dalam perjalananya peserta akan menjajal lima wilayah di Jabar Selatan: Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran.

Trek yang dijajal pun bervariasi, mulai dari tanjakan yang yang biasa sampai yang ekstrem, turunan, tikungan tajam, hingga jalan mulus datar.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas 100 pesepeda peserta Cycling de Jabar 2022 di Pantai Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/8/2022).

Lomba yang akan berlangsung selama dua hari 27-28 Agustus 2022 ini dimulai dari Geopark Ciletuh dan finis etape 1 di Pantai Rancabuaya, Garut. Kemudian, peserta melanjutkan perjalanan di hari Minggu melahap etape 2 yang titik akhirnya berada di Alun-alun Paamprokan, Pangandaran.

Menurut Ridwan Kamil, Cycling de Jabar merupakan respons Pemda provinsi Jabar dalam memulihkan ekonomi. Salah satunya dalam menyambut antusias warga yang gemar berolahraga sambil menikmati pemandangan alam terbuka ( _sport tourism_ ).

“Kami menemukan fenomena, bahwa ekonomi pariwisata _outdoor_ meningkat pesat, tren bersepeda, hiking, jogging dan lain-lain. Oleh karena itu kita menginisiasi sebuah tradisi yaitu Cycling de Jabar, yang akan rutin setiap tahun dan selalu mulai dari daerah Sukabumi selatan berakhir di Pangandaran atau sebaliknya,” ucap Ridwan Kamil usai melepas peserta Cycling de Jabar 2022 di tepi Pantai Palangpang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/8/2022).

BACA JUGA: Gub Jabar Promosikan Potensi Jabar Selatan Yang Indah Melalui Media Sosial

Cycling de Jabar 2022 ini menjadi bagian dari Pemda Provinsi Jabar dalam memulihkan kondisi ekonomi pascapandemi COVID-19. Selain investasi yang selalu jadi pilihan nomor satu, warga Jabar memiliki hobi _healing_ setiap akhir pekan dengan pergi wisata bersama keluarga.

Baca juga:  DPRD Jabar  Reses 1 Tahun 2020-2021: Dr. Hj. Ineu Purwadewi Wujud Peduli Bagikan 1000 Masker Untuk wartawan

“Ini bagian dari pemulihan ekonomi jabar, ini bagian dari kita kenapa perform 5,6 persen ekonominya, karena investasi datang nomor satu, _weekend_ warga Jabar keluar semua untuk belanja _healing_ atau berwisata jadi ini luar biasa. Provinsi lain masih banyak lemah kita sudah kuat,” imbuhnya.

Ajang balap sepeda nasional ini terbagi ke dalam dua kelompok, profesional dan komunitas. Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil berpesan kepada komunitas pesepeda yang mengikuti jalur selatan untuk mewarnai ajang Cycling de Jabar 2022 agar gemanya mengguncang se-Indonesia.

“Ini terbagi dua kelompok yang profesional tadi sudah dilepas jam 7.30. Kemudian kita ramaikan masyarakat yang sifatnya bukan kompetitif untuk mengikuti di rute yang sangat indah ini. Ini jalur yang paling baik dan yang paling keren menurut saya. Sebagai gubernur yang suka momotoran juga sudah saya buktikan ini _mah_ segala rupa ada,” ungkap Kang Emil.

“Mau lihat sawah ada, air terjun kelewat, mau lihat bukit, gunung, laut. Jalannya lurus, mau _ngabret_ kecepatan kaya di landasan pacu bisa, pokoknya lengkap,” pungkasnya. (Tya)*