by

Ketua TP PKK Jabar: Cegah Hepatitis Melalui PELITA HATI

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG — Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam Seminar Hari Hepatitis Sedunia ke-13 di El-Royale Hotel, Kota Bandung, Selasa (16/8/2022).

Acara yang digelar Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI tersebut bertajuk “Mendekatkan Akses Pengobatan Hepatitis Karena Hepatitis Tidak Dapat Menunggu.”

Menurut Atalia, lima langkah cegah Hepatitis bertajuk PELITA HATI harus terus digencarkan dalam memutus mata rantai penularan penyakit Hepatitis, khususnya kepada anak.

BACA JUGA:  Empat Desa Naik Kelas Gub Jabar Serahkan Empat Maskara

“Ini adalah upaya pencegahan Hepatitis. Istilahnya PELITA HATI. Yang pertama, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” ucap Atalia.

“Yang keduanya Imunisasi. Ketiga Temukan, kemudian juga Tangani. Kelima, Hilangkan Hepatitisnya. Jadi dengan pencegahan dan pengendalian yang tepat,” imbuhnya.

Atalia juga menuturkan, TP PKK Jabar siap berkolaborasi dengan PKK di Indonesia untuk terus mengedukasi masyarakat, khususnya para ibu, terkait Hepatitis.

“Tadi saya membaca, ternyata 95 persen penularan terjadi dari ibu kepada bayi. Artinya bahwa tugas kita memberikan edukasi kepada para ibu supaya mereka mampu untuk menjaga,” ucap Atalia. (Tya)*

Baca juga:  Drs. H. Wahyu Mijaya Resmi Jabat Kadisdik Jabar