by

Kadisdik Jabar Wahyu Mijaya Dampingi Menteri PU Meninjau Dampak Gempa di Sumedang

seputarnews.com /SUMEDANG- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono didampingi Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Wahyu Mijaya bersama Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti meninjau SMAN 1 Sumedang, salah satu sekolah terdampak gempa, Rabu (3/1/2024).

Dalam tinjauan tersebut, Basuki menyampaikan, pihaknya akan menurunkan tim komite untuk menilai mengenai layak fungsi gedung (bagian) mana yang bisa digunakan dan tidak. “SMA Negeri 1 Sumedang salah satu prioritas yang harus segera ditangani pascagempa,” ujarnya.
.
Kadisdik pun menyambut baik upaya Kementerian PUPR yang bergerak cepat menangani beberapa sekolah di Sumedang yang terdampak gempa pada 31 Desember lalu.
.
“Alhamdulillah, Menteri PUPR sudah meninjau lokasi sekolah dan melihat langsung kondisinya. Sudah kita sampaikan pula bahwa pada 8 Januari ini sekolah sudah mulai beraktivitas,” tutur Kadisdik.

Terkait penyelesaian kerusakan, lanjutnya, pihaknya menunggu kebijakan lebih lanjut. “Pada prinsipnya, jika akibat bencana, itu memang bagian dari tanggung jawab PUPR. Kita akan menunggu kebijakan lebih lanjut seperti apa. Insya Allah, semua mendapatkan yang terbaik,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala SMAN 1 Sumedang, Odang Kusyana menjelaskan, ruangan yang terkena pascagempa ada 18 ruang kelas, ditambah 4 laboratorium, perpustakaan, ruang kepala sekolah, ruang wakasek, ruang guru, ruang meeting, dan ruang ekstrakurikuler kesenian.

Ia berharap, dengan hadirnya Menteri PUPR, Dirjen Kementerian PUPR, Kadisdik, dan Kepala KCD VIII bisa secepatnya menangani serta memperbaiki ruangan-ruangan yang rusak karena sebentar lagi akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM).”pungkasnya

Baca juga:  Anak Kedua Ridwan Kamil Daftar PPDB Sesuai Aturan