by

Ka UPTD Wilayah 2 Gunakan Alat Berat Angkut 50 Ton Tumpukan Sampah di Kali

Seputarnews.com /BEKASI- Tumpukan sampah sepanjang lebih 300 meter di Kali Srengseng Hilir, tepatnya di Kp. Galian RT 009 RW 09 Desa Jaya bhakti pada hari ini, Rabu (3/8/2022) telah dilakukan pengangkatan dan pembersihan.

Dengan mengerahkan 1 alat berat excavator dan 15 unit mobil pengangkut, Kepala UPTD II DLH Kabupaten Bekasi langsung memimpin pengangkatan tumpukan sampah di Kali yang berbatasan langsung dengan Desa Sukakerta Kecamatan Sukawangi tersebut.

“Terlihat mudah pada awalnya,” ucap Sumardi Kepala UPTD II DLH Kabupaten Bekasi saat dilokasi, Rabu, (3/8/2022) pagi

“Namun karena badan tanggul yang sempit dan banyaknya kabel listrik yang menghalangi alat berat, akhirnya kami menerjunkan tim inti untuk turun langsung ke Kali,” ungkap Sumardi.

“Tim inti beranggotakan 11 personel yang kami namakan Team Biawak ini, diturunkan untuk mendorong sampah yang tidak terjangkau oleh excavator,” terang Sumardi.

Memang beberapa hari sebelumnya, lanjut Sumardi, pihaknya telah dihubungi oleh Ketua PGR Ustadz Jejen yang memintanya untuk segera dilakukan pembersihan sampah.

“Sebab ada beberapa desa di aliran Kali Srengseng Hilir yang sudah tanam padi berusia 15 – 17 hari dan sangat membutuh pasokan air untuk bagusnya tanaman padi,” jelas Sumardi.

“Dan hari ini sudah lebih dari 50 ton sampah diangkat dan dibawa ke TPA Burangkeng,” tukas Sumardi.

“Sampah didominasi oleh sampah rumah tangga. Bahkan karung-karung berisi bulu ayam pun ada. Belum pampers, stereofoam, botol dan plastik bungkus diterjen dll,” sungut Sumardi.

Ditambah eceng gondok, kangkungan dan tanaman air lainnya yang semuanya menyebabkan sedimentasi,” pungkas Sumardi. Yusup ( Dwi)*

Baca juga:  Wagub Jabar Kunjungi Masjid Al Jabbar Kalipucang di Pangandaran