by

JMSI Jabar Bedah Visi Misi, Ilham Habibie Akan Fokus Kembangkan SDM di Jabar

seputarnews.com / Bandung,- Bakal calon gubernur (bacalon)  Jawa Barat dari Partai NasDem Dr.-Ing. H. Ilham Akbar Habibie, Dipl.Ing, MBA memaparkan visi dan misi unggulan, sebagai bacalon gubernur Jabar dalam serial diskusi diskusi mencari pemimpin pilihan rakyat sekretariat JMSI Jabar, Cafe Kampring, Jl. Maskumambang 39 Bandung, Minggu 14 Juli 2024.

Ilham menegaskan jika dirinya memiliki komitmen kuat untuk memajukan Indonesia. Menurutnya, beberapa upaya untuk mendorong kemajuan negara dan mencapai visi Indonesia Emas 2045 adalah memperkuat ekonomi, membuat industri menjadi semakian kuat, hingga mewujudkan produktivitas kelas dunia.

“Untuk berkontribusi mewujudkan Indonesia Emas 2045, saya menilai Jabar merupakan tempat yang tepat untuk memulai,” Kata Ilham.

“Saya rasa tujuan itu perlu didorong untuk dicapai dengan saya masuk ke politik. Kenapa? Itu penting dalam konteks ini karena kita memiliki tujuan yang besar sebagai negara yang besar yaitu menjadi negara maju,” imbuhnya.

BACA JUGA : Bakal Calon Gubernur Jabar Ilham Habibie Berjanji Pembangunan di Jawa Barat Akan Berbasis ESG

Ilham menekankan, Indonesia Emas 2045 bisa dicapai jika memiliki industri yang kuat. Ilham mencontohkan negara-negara di Asia seperti Jepang dan Korea Selatan berhasil ke luar dari middle income trap dengan memperkuat sektor industri.

“Jabar mungkin banyak orang tidak sadari bahwa lebih dari 55 persen industri-industri itu ada di Jabar. Kalau kita ingin memajukan negara Indonesia saya lihat Jabar adalah salah satu tempat yang cocok untuk kita mulai,” kata Ilham.

Namun, kata Ilham, memperkuat indsustri juga harus diimbangi dengan sumber daya manusia yang berpengetahuan dan kompetitif. Di samping itu, sektor-sektor strategis lain juga penting diperhatikan.

“Industri juga perlu ada dukungan dari sektor-sektor lain seperti pertanian, perikanan, perkebunan, tetapi menurut hemat saya akan diperkuat juga dengan adanya industrialisasi,” tegasnya.

Baca juga:  Tim Hukum AHY: Pelaku KLB Ilegal Deli Serdang Kalah Telak 0-4

Seperti diketahui, acara diskusi pilkada rutin setiap hari Minggu petang ini digagas Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Jabar dan PW Muhammadiyah Jabar dan digelar di sekretariat JMSI Jabar, Cafe Kampring, Jl. Maskumambang 39 Bandung. Hadir sebagai pembahas dalam diskusi tersebut adalah pengamat politik Unpad Dr. Affan Sulaeman, dan Ketua Lembaga Hikmah Kebijakan Publik PW Muhammadiyah Jabar Dr. Rd. Ahmad Buchari, S.IP., M.Si.*