by

Hari Jadi ke – 79 Provinsi Jabar, Pemdaprov Gelar West Java FestivalDipusatkan di Gedung Sate 23 – 24 Agustus

seputarnews.com /KOTA BANDUNG — Pemdaprov Jabar kembali akan menggelar West Java Festival (WJF) pada 23 – 24 Agustus 2024 di kawasan Gedung Sate Bandung.

West Java Festival 2024 digelar dalam rangka peringatan Hari Jadi ke – 79 Provinsi Jawa Barat yang jatuh tiap 19 Agustus.

WJF sempat terhenti selama pandemi dan terakhir digelar kembali pada 2023.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Jawa Barat Benny Bachtiar, seluruh kegiatan WJF 2024 akan menampilkan keunggulan pariwisata dan produk kabupaten kota.

“Semua kegiatan terpusat di Gedung Sate, menampilkan seluruh keunggulan pariwisata dan produk unggulan dari kabupaten/kota di Jawa Barat,” ujar Benny Bachtiar saat Kick Off WJF dalam acara Bewara Jawa Barat (BEJA), di kantor Disparbud Jabar, Kamis (25/7/2024).

Pada WJF 2024, Pemdaprov memiliki beberapa target dan fokus agar wisatawan lebih mengetahui Jabar secara mendalam lagi.

“Agar para wisatawan mengetahui bahwa Jawa Barat tidak kalah menarik pariwisatanya dari daerah lain. Ini terkait juga dengan program nasional yaitu Bangga Berwisata di Indonesia atau BBWI. Nah, saat ini yang kita promosikan terutama wilayah Ciayumajakuning, atau Cirebon Raya,” sebut Benny.

Menurut Benny, sejak pandemi berakhir jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jawa Barat terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Tahun 2022, jumlah wisatawan mencapai hampir 50 juta, kemudian tahun 2023 sebanyak lebih dari 60 juta, lalu tahun ini ditargetkan lebih dari 80 juta. Bahkan Pak Sekda (Herman Suryatman) memacu kami untuk menaikkan target 2024 lebih dari dari 100 juta kunjungan wisatawan. Insyaallah,” ungkapnya.

Masih dalam _kick off_, Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Mochammad Lukmanul Hakim mengatakan, akan mengisi WJF dengan acara ‘Koncer’.

Baca juga:  Step by Step First Time Air Travel Guide

“Koncer singkatan dari Konsumen Cerdas, di sana nanti kita akan mengedukasi masyarakat tentang apa saja hak dan kewajiban konsumen terhadap suatu produk barang atau jasa, demikian juga edukasi terhadap produsen,” jelasnya.

WJF 2024 selain kolaborasi dengan 27 kabupaten kota, juga didukung seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemdaprov Jabar.