by

Gub Jabar Tinjau Rumah Mak Tien yang Nyaris Roboh

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendatangi rumah Tien Kartini Yahani (78), warga Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, yang rumahnya sudah tidak layak huni.

Beberapa bagian kondisi rumah Tien roboh. Ridwan Kamil melalui unit kerja Jabar Quick Response (JQR) akan merenovasi rumah warga Tamansari tersebut.

“Di kawasan Tamansari ini ada sosok teladan, Ibu Tien Kartini yang rumahnya sudah mau roboh, sementara amal jariahnya luar biasa. Sebagian rumahnya dipakai untuk musala,” kata Ridwan Kamil ketika ditemui di lokasi rumah  Tien, Jumat (22/7/2022).

Sepulangnya dari menunaikan ibadah haji, Ridwan Kamil langsung bergerak cepat meninjau beberapa permasalahan sosial warga Jabar.

“Saya sudah tiga hari ini meninjau permasalahan sosial warga, dimulai dari kebencanaan di Bogor, Garut dan Bandung. Kita ada program memperbaiki rumah warga yang memang perlu dibantu,” ujar Kang Emil, sapaan akrabnya.

Ia memperkirakan, dalam waktu seminggu atau dua minggu proses renovasi rumah Tien bisa tuntas sesuai dengan amal jariahnya yang sangat luar biasa.

“Beliau juga istri kiai. Jadi sudah tugas pemimpin masyarakat memuliakan ulama dan turunannya dengan apa yang kita bisa berikan,” tambah Kang Emil.

Pemda Provinsi Jawa Barat pada tahun 2021 telah merenovasi 38.290 rumah tidak layak huni (rutilahu) di 1.232 desa yang tersebar di 27 kabupaten/ kota. Dalam pembangunannya total melibatkan 114.870 tenaga kerja. (Tya)*

Baca juga:  PM Jepang Tangani Pembangunan Sampah di Bandung Raya