by

Gub Jabar Ridwan Kamil Tutup Cycling de Jabar 2023

Seputarnews,com / KABUPATEN PANGANDARAN — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menutup Cycling de Jabar (CDJ) 2023 di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Ahad (9/7/23).

Penutupan diawali dengan 154 pembalap yang finis di Alun – alun Paamprokan yang jadi ikon pantai legendaris.

Para pembalap telah menempuh jarak 369 kilometer menyusuri jalur pantai selatan melalui lima kabupaten, dibagi dua etape Ciletuh – Rancabuaya dan Rancabuaya – Pangandaran.

Dalam penutupan CDJ 2023, Gubernur juga menyerahkan vegetasi pantai kepada Kelompok Masyarakat Konservasi Cinta Bahari dan Pokmas Pengawas Camar Laut.

Gubernur juga mengalungkan medali kepada peserta elite, di antaranya King of Mountain dan Queen of Montain di bawah dan di atas usia 40 tahun. Adapun total hadiah CDJ 2023 Rp324 juta.

Gubernur mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung CDJ 2023. Pertama, kepada peserta CDJ yang tahun ini jumlahnya meningkat dua kali lipat.

Kepada panitia penyelenggara dan para sponsor event, juga kepada pemda kabupaten yang dilalui atau jadi rute para pembalap. Mulai dari Pemda Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran.

“Terima kasih kepada khususnya tiga pemda, yakni Kabupaten Sukabumi, Garut, dan Pangandaran yang sudah menjadi panitia dan tentunya membuat kesuksesan acara ini,” ujar Ridwan Kamil.

Rasa bahagia Gubernur bertambah, karena penutupan CDJ 2023 dilakukan di Alun – alun Paamprokan yang dibangun oleh Pemdaprov Jabar.

“(CDJ) Berakhir di Pangandaran, tempat istimewa pariwisata di Alun-alun Pangamprokan yang kebetulan juga sumbangsih kami (Pemdaprov) untuk pariwisata Pangandaran,” kata Ridwan Kamil.

Menurut Gubernur, CDJ merupakan ajang promosi potensi Jabar selatan baik pariwisata, laut, alam, dan kebudayaan. CDJ juga membawa misi perbaikan infrastruktur untuk mendukung pariwisata Jabar selatan.

Baca juga:  Jabar Tuan Rumah Forum Asia Timur - Amerika Latin 2023

“Usulan saya ke Pak Bupati (Pangandaran), agar dikembangkan juga wilayah zona premium pariwisatanya,” katanya.

Salah satu pengembangan infrastruktur seperti peningkatan Bandara Nusawiru, dan Tol Cigatas yang akan memangkas waktu tempuh ke Pangandaran.

Ridwan Kamil yang akan meletakkan jabatan sebagai Gubernur bulan September 2023 mengatakan, CDJ akan dan harus selalu ada setiap tahun. Tentunya dengan segala peningkatan baik dari segi peserta, penyelenggaraan, jumlah hadiah, maupun infrastruktur yang diperlukan.

“Tantangan ke depan bagaimana meningkatkan ekonomi, perbaikan tempat penginapan, sehingga jumlah peserta bisa diperbanyak seiring waktu,” kata Ridwan Kamil.

“Mimpi saya agar suatu hari bisa melegenda ya jadi ingat Jabar, ingat Cycling de Jabar,” ungkap Ridwan Kamil.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengungkapkan kebanggaannya pada gelaran tahunan ini.

“Pak Gubernur luar biasa cinta ke Pangandaran. Saya tidak bisa menyebutkan, namun Pangandaran seperti ini tentu adanya _support_. Termasuk anggaran dan pembuatan jembatan juga,” kata Jeje.