by

Gub Jabar Ridwan Kamil Hadiri Bucinfest Nikah Massal di Kota Bekasi

_Sebanyak 300-an pengantin dapat wejangan khusus_

Seputarnews.com/ KOTA BEKASI– Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri Nikah Massal Juara Bukti Cinta Festival (Bucinfest) dalam rangkaian HUT ke-62 Bank bjb di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Minggu (14/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Ridwan Kamil memberi khotbah nikah kepada 300-an pengantin. Ia berpesan kepada ratusan pasangan yang telah menikah hari ini agar meniatkan diri menjadi suami istri sebagai ibadah.

Selain itu dalam menikah jangan ada paksaan, juga dalam suka duka harus dilalui bersama dengan sabar dan saling pengertian.

“Intinya satu, niatkan ibadah. Kedua, jangan ada paksaan dan ketiga, suka duka harus dilalui bersama. Buat lelaki, seperti saya 27 tahun menikah syaratnya satu sabar saja. Buat istri harus taat pada suami,” kata Ridwan Kamil.

“Kemudian juga harus menjadi teladan dan inspirasi karena perjalanan ibadah terpanjang dalam agama kita, yaitu menikah, makanya saya doakan supaya sakinah mawadah warahmah,” imbuhnya.

Kang Emil sapaan akrab, Ridwan Kamil mengemukakan, sebanyak 300-an pasangan hari ini bisa berbahagia karena menikah tanpa mengeluarkan biaya.  Beberapa pasangan juga mendapatkan _doorprize_ untuk melengkapi kebutuhan rumah tangganya dari Bank bjb.

“Pengantin dapat hadiah dari saya masing-masing istilahnya memperoleh _hampers_ , di dalamnya berisi peralatan rumah tangga, juga ada _doorprize_. Dari ratusan pasangan ini kalau ada yang mau bikin UMKM akan difasilitasi Bank bjb. Jadi kehidupannya naik kelas oleh negara yang memfasilitasi pernikahan sampai usahanya,” ucap Kang Emil.

Tak hanya itu, Kang Emil menyebut, kegiatan ini merupakan komitmen nyata yang dilakukan Pemdaprov Jabar dalam membantu warga yang memang tidak memiliki biaya untuk menikah. Dalam kesempatan ini pembiayaan administrasi pengantin nikah massal dibantu oleh Bank bjb melalui layanan Digi Cash.

Baca juga:  Sekda Jabar: Inovasi Pelayanan Publik Harus Terukur

“Pemda Provinsi Jabar memperhatikan data banyaknya pasangan yang sudah siap menikah tapi mengalami kendala biaya sehingga banyak pula yang menunda pernikahannya,” tutur Kang Emil.

“Akhirnya kita solusikan oleh sebuah acara besar di wilayah Bodebek dulu, yang namanya Bucinfest (Bukti Cinta Festival) yang disponsori Bank bjb. Tahap satu dilakukan di Bekasi untuk kawasan Bodebek, nanti berputar karena jumlahnya banyak sekali sampai ribuan,” tambahnya.

Sekitar 300-an pasangan yang telah menikah hari ini tak hanya mendapat _doorprize_. Kang Emil menyebut pengantin beserta keluarga yang hadir juga dihibur oleh artis ibu kota, yaitu pedangdut Wika Salim dan Wali Band.

“Nah hari ini yang bisa terselesaikan sekitar 300-an (pasangan), tak hanya administrasi jadi kita bikin ramai dengan hiburan. Makanya ada konser Wika Salim dan Wali Band untuk menghibur warga yang ada di sini. Ini akan berkelanjutan,” sebutnya.

“Mudah-mudahan dengan begini warga Jabar tidak ada lagi yang ilegal hanya gara-gara masalah biaya, semua akan difasilitasi dengan sebaik-baiknya,” pungkas Kang Emil.