by

Gub Jabar Jadi Pembicara Youth City Changers

Sediakan Ruang Publik untuk Pemuda Berkreasi

Seputarnewa.com /KOTA PADANG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembicara Talkshow Youth City Changers (YCC) di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kota Padang, Minggu (7/8/2022). YCC merupakan salah satu kegiatan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2022.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menuturkan bahwa pemuda yang aktif dalam komunitas berpotensi memiliki masa depan yang cerah. Hal itu karena mereka mempunyai ruang untuk berkreasi sekaligus mengekspresikan diri.

“Sebagai mantan wali kota, (saya) melihat anak-anak muda yang berkomunitas itu bibit-bibit masa depan, yang seringkali kotanya kita pahami tidak menyediakan ruang-ruang aspirasi sehingga direbut cita-citanya,” ucap Kang Emil.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara Talkshow Youth City Changers (YCC) di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Kota Padang, Minggu (7/8/2022).

Maka itu, Kang Emil berpesan kepada wali kota di Indonesia untuk menyediakan ruang-ruang publik bagi anak-anak muda untuk berkreasi dan berekspresi.

“Pesan saya kepada seluruh wali kota, sediakanlah ruang-ruang publik yang baik, biarkan anak muda berkreasi, berekspresi. Kemudian, bikin gedung-gedung kreatif supaya dari ekspresi jadi ekonomi. Kalau mereka bisa sejahtera dari ekonominya, kota-kota itu akan luar biasa,” ucapnya.

BACA JUGA :  Atalia Kamil Menyatakan Para Games Adalah Inspirasi Bagi Indonesia

Sementara itu, Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan yang hadir dalam YCC mengatakan bahwa generasi muda harus produktif dan memiliki road map untuk masa depan yang cerah.

“Saatnya kita Indonesia dengan generasi mudanya yang punya keterampilan, knowledge, kreatif yang luar biasa, tidak hanya berpikir untuk dalam negeri, tapi saatnya sekarang kita menyerbu global internasional,” ucap Zulkifli.

Baca juga:  Gempa Susulan 6,2 SR Terjadi Lagi di Lombok Saat Pemprov Jabar Berikan Bantuan

“Maka pesan untuk anak-anak muda, hiduplah yang produktif, bikin rencana kerja, road map Anda mau apa, tekuni, kerja keras, dan saya percaya masa depan Indonesia ada di tangan saudara-saudara,” imbuhnya. (Tya)*