by

DPRD Jabar Apresiasi Festival dan Penganugerahan Literasi GLN Gareulis

Seputarnews.com / BANDUNG- Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Syahrir, SE, M.IPol, berharap Gerakan Literasi Nasional (GLN) Gareulis Provinsi Jawa Barat terus ditingkatkan dan didorong hingga target satu orang membaca tiga buku bisa tercapai, yang saat ini dinilai masih kurang banyak bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Jawa Barat.

“Festival Literasi ini sudah diselenggarakan satu tahun oleh GLN Gareulis oleh penggiat gerakan mulai dari guru, keluarga, masyarakat, dan siswa menulis dan berliterasi mewujudkan Jawa Barat Juara.

“Syahrir yang juga sebagai Ketua Dewan Pembina GLN Gareulis Jawa Barat, pada Festival dan Penganugerahan Literasi GLN Gareulis Provinsi Jawa Barat, di Gedung Youth Centre Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda No.140, Sukamiskin Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (6/8/2022).

Syahrir mengajak dan dukung serta dorong Tim Monitorong dan Evaluasi (Monev) literasi untuk semua Kabupaten dan Kota se-Jawa Barat, dengan harapan literasi se-Jawa Barat dapat lebih maju dan minat baca anak didik lebih meningkat dari keberhasilan yang kita capai saat ini,” katanya.

“Syahrir mengapresiasi kerja keras GLN Gareulis sangat bagus di tahun pertama ini. Tetapi harus terus ditingkatkan karena dinilai anggota Komisi I DPRD Jabar ini belum sebanding dengan jumlah penduduk Jabar.

“Hari ini lah kita berikan apresiasinya sesuai keberhasilannya di tingkat masing-masing. Namun masih dirasa kurang, dibandingkan dengan jumlah penduduk Jabar yang mencapai 50 jiwa,” kata Syahrir seraya menambahkan kekurangan yang ada saat ini bisa dicapai dengan target satu orang membaca tiga buku.

BACA JUGA: Wakil ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari Cegah Kasus Bullying di Jabar

Festival dan Penganugerahan Literasi Jabar Juara dihadiri Ketua Umum GLN Gareulis Provinsi Jawa Barat, Hj. R. Yulia Yulianti, M.Pd, Dewan Penasihat GLN Gareulis Jabar, dan para Pejabat Disdik se-Jawa Barat, serta hampir 1000 orang dari kota/kabupaten se-Jawa Barat termasuk mereka yang mendapatkan anugerah atas perjuangan serta menaklukan tantangan literasi sepanjang tahun 2020 – 2021.

Baca juga:  Rekor MURI: 1,3 Juta Siswi se-Jabar Serentak Minum Tablet Tambah Darah

Tantangan Literasi yang dicanangkan oleh Kelompok Kerja Gerakan Literasi Nasional, Siswa, Keluarga, dan Masyarakat Menulis dan Berliterasi Wujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin,

Lebih lanjut Syahrir mengatakan, peningkatan literasi melalui dinas terkait perlu terus ditingkatkan sehingga literasi ini terus berkembang ke para siswal di Jabar.

“Syahrir berharapakan ada penambahan ruang kelas baru di tingkat SMA, di mana lulusan SMP itu sangat banyak mencapai 11 kelas, ini harus dipikirkan dan didorong ke Provinsi dimana ruang kelas SMA masih terbatas. Ini yang harus ditindaklanjuti ke depan untuk peningkatan sumber daya manusia ke depan,”Pungkasnya. (Ims)*