by

Calon Gubernur Jawa Barat Jelang Pilgub 2024

seputarnews.com / BANDUNG – Masyarakat Jawa Barat bakal memilih calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada 2024 pada November mendatang.

Sejauh ini, sudah ada beberapa nama yang berpotensi menjadi cagub dan cawagub. Termasuk Ridwan Kamil yang merupakan mantan gubernur Jawa barat.

Tokoh lain yang sudah memiliki nama besar dan digadang-gadang bakal ikut antara lain Desy Ratnasari hingga Dedi Mulyadi. dan muncul juga Cagub Jabar Ilham Habibie Putra Presiden ke 3 BJ. Habibie yang diusung Partai NasDem,

Berikut beberapa nama-nama potensial yang diprediksi akan maju di pemilihan cagub-cawagub Jawa Barat di Pilkada 2024.

Ridwan Kamil
Berpotensi kembali maju menjadi calon gubernur Jawa Barat untuk kedua kalinya usai diberikan surat tugas oleh Partai Golkar.

Ridwan Kamil diminta membangun komunikasi dengan partai dan tokoh lain guna bekerja sama menghadapi pemilihan cagub-cawagub Jawa Barat di Pilkada 2024.

Selain Jawa Barat, Ridwan Kamil juga sebenarnya diberikan surat tugas oleh Golkar untuk mempersiapkan diri sebagai kandidat cagub Jakarta.

Desy Ratnasari
Merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR periode 2019-2024. Dia dikabarkan disiapkan oleh PAN untuk maju di pemilihan cagub-cawagub Jawa Barat.

Saat ini pun Desy masih memimpin PAN Provinsi Jawa Barat.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pernah menyatakan bahwa Desy Ratnasari selaku kader harus siap jika ditugaskan.

Setelah itu, Desy menyatakan siap jika diperintah Ketua Umum PAN mengikuti pemilihan cagub-cawagub Jawa Barat.

“Sebagai kader tentu harus siap ditugaskan dimanapun, di legislatif atau eksekutif. Seperti halnya ketika Ketum menugaskan saya sebagai Ketua DPW PAN Jabar,” kata Desy

Bima Arya
Selain Desy Ratnasari, Partai Amanat Nasional (PAN) juga mempersiapka Wali Kota Bogor Bima Arya mengikuti pemilihan cagub-cawagub Jawa Barat.

Baca juga:  Plh Gub Jabar Apresiasi Festival Garuda Jaya, Peluang Disabilitas Dapat Pekerjaaan.

Hal ini dikonfirmasi oleh Sekjen Partai Amanat Nasional, Eddy Soeparno.

“Bima Arya akan kita berikan tugas baru. Mudah-mudahan Pak Bima Arya bisa maju di pilgub, apakah itu di DKI Jakarta atau di Jabar. Nanti kita akan putuskan kemudian,” kata Eddy

Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono mengatakan pihaknya mempertimbangkan mengusung mantan menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti sebagai calon gubernur di Pilgub Jawa Barat 2024.

Ono menyebut Susi telah mengeluarkan pernyataan siap maju dalam pemilihan kepala daerah Jabar jika diminta oleh masyarakat. Selain itu, ia juga melirik calon yang diusung Partai NasDem, Ilham Habibie.