by

Bey Machmudin Beri Kejutan Tarawih di Masjid Lautze 2 Bandung

seputarnews.com /KOTA BANDUNG – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melaksanakan salat Tarawih di Masjid Lautze 2, Jalan Tamblong, Kota Bandung, Selasa (12/3/2024).

Tidak seperti pejabat pada umumnya, Bey datang ke Masjid Lautze 2 tanpa pengawalan protokoler ataupun iring-iringian kendaraan.

Bey datang hanya bersama sopirnya dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Benny Bachtiar.

Kehadiran orang nomor satu di Jabar itu pun tidak disadari para jemaah lainnya. Bahkan, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Lautze 2 Bandung baru menyadari kehadiran Bey sebelum melaksanakan salat Tarawih.

“Alhamdulillah, saya baru dapat kabar masjid kita kedatangan Penjabat Gubernur (sembari melempar senyum ke Bey Machmudin),” ucap salah seorang imam masjid di Masjid Lautze 2 Bandung sebelum melaksanakan salat Tarawih.

Bey pun sempat diberi waktu untuk memberikan sambutannya sebelum para jemaah melaksanakan salat Tarawih.

Ditemui seusai salat Tarawih, Bey mengatakan, ia sebagai orang yang besar di Kota Bandung, keinginannya untuk singgah dan beribadah di Masjid Lautze 2 sudah ada sejak lama.

“Saya orang Bandung, terus sering lewat sini, tapi belum pernah masuk, ikut salat juga belum pernah. Jadi hari ini hari pertama Ramadan, saya ikut Tarawih di sini,” ujar Bey.

Lebih lanjut, Bey mengaku kagum dengan masjid yang dikenal dengan keberagamannya tersebut.

Menurutnya, kondisi masjid sangat nyaman sehingga ibadah pun terasa lebih khusyuk.

Selain itu, Bey juga mengapresiasi tradisi yang dijaga oleh para pengurus DKM Masjid Lautze 2 Bandung, khususnya di bulan Ramadan.

“Saya kagum, masjid ini bagus bersih, khidmat di dalamnya. Saya juga baca-baca (sejarah masjid), ketua DKM betul-betul menerapkan Islam yang _rahmatan lil alamin_. Kemudian seperti tahun-tahun lalu yang menyiapkan takjil itu lintas agama,” ungkap Bey.

Baca juga:  Seorang Pria Robek Al Quran Alasannya Ini..

Sementara itu, Pengurus DKM Masjid Lautze 2 Bandung Koko Rachmat Nugraha mengaku terkejut dengan kedatangan Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin.

Pasalnya, Bey membaur bersama jemaah lainnya tanpa didampingi pengawal atau protokoler.

“Kami kaget, seperti kita ketahui bersama tadi waktu kami mau melaksanakan salat Tarawih tiba-tiba katanya ada pejabat,” ujar Rachmat.

Rachmat pun salut dengan sikap Bey Machmudin. Menurutnya, Bey memiliki sikap rendah hati.

Hal itu terbukti dari kedatangannya yang tanpa diiringi protokoler dan pengamanan apapun ke Masjid Lautze 2.

“Inilah ketawaduan seorang pemimpin, jadi tidak perlu ada protokoler beliau datang seadanya dan kami pun menerima beliau apa adanya tanpa rekayasa atau gladi, kami spontan. Kami berharap semoga beliau tetap menjabat karena tawadu, insyaallah, amin,” ujar Rachmat.