by

Atalia Kamil Raih Lencna Karya Bakti Hasil Kerja Sama Dengan Seluruh Anggota Pramuka di Jabar

Seputarnews.com / JAKARTA — Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil mendapatkan penghargaan Lencana Karya Bakti dalam upacara Peringatan Hari Pramuka Tingkat Nasional di Lapangan Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022). Lencana tersebut disematkan langsung oleh Ketua Kwartir Nasional Pramuka Budi Waseso.

Kak Atalia menuturkan, penghargaan yang diterima merupakan kinerja bersama seluruh jajaran Kwarda Pramuka Jabar dalam menebar kebermanfaatan.

“Ini sebuah penghormatan bagi kami, menunjukkan bahwa apa yang kami lakukan di Jawa Barat ini diapresiasi pusat. Tapi, itu bukan yang paling penting,  bagaimana kemudian apa yang kami lakukan itu bisa bergulir kebermanfaatannya bagi masyarakat,” ucapnya.

“Jadi kami akan terus melakukan berbagai inovasi dan upaya agar  sesuai dengan apa yang diharapkan dan memang penting sekali untuk ada di masa-masa saat ini,” tambahnya.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil saat mendapatkan penghargaan Lencana Karya Bakti dalam upacara Peringatan Hari Pramuka Tingkat Nasional di Lapangan Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022).

Salah satu kegiatan Kwarda Pramuka Jabar yang sedang berjalan dan memiliki dampak positif bagi masyarakat adalah program GEMBIRA (Gerakan Menanam Bersama Insan Pramuka).

“Karena setiap masa itu punya kebutuhan masing-masing, maka kami kemudian menghadirkan GEMBIRA di seluruh gugus depan. Mudah-mudahan kita semua bisa bergerak bersama-sama. Contohnya, kegiatan itu untuk ketahanan pangan,” kata Kak Atalia.

Inovasi Kwarda Pramuka Jabar berikutnya adalah SuperApps Pramuka. Aplikasi digital tersebut merupakan salah satu solusi yang dapat memecah kebuntuan para anggota walau tidak bisa bertemu secara tatap muka.

“Kemudian kita yang terdepan untuk menghadirkan SuperApps Pramuka, karena digitalisasi sangat penting di zaman  ini. Di mana ada pembatasan ini dan itu tapi program harus gerak berjalan, maka ini adalah salah satu solusi,” tutur Kak Atalia.

Baca juga:  Komisi DPRD Jabar Adakan Kunjungan ke Proyek Revitalisasi Sungai Kalimalang di Kota Bekasi

“Maka hal-hal seperti itu akan terus kita gelorakan termasuk gerakan di masyarakat bagaimana Pramuka Peduli, Pramuka Berbagi,” tambahnya.

BACA JUGA:  Gub Jabar Resmikan Wajah Baru Situ Ciburuy

Guna meningkatkan kepedulian terhadap sesama, Kak Atalia menuturkan bahwa ada gerakan Pakai Kacumu. Sebuah gerakan kebaikan yang terus digelorakan oleh anggota pramuka di Jabar.

“Jadi mereka tidak perlu berpakaian lengkap (pramuka), tetapi saat mereka melakukan berbagai kebaikan dengan kacu mereka,” tuturnya.

“Untuk seluruh peserta Jambore Nasional dari 34 provinsi, yang paling penting adalah menghadirkan kebahagiaan di momen seperti ini, termasuk juga kita belajar peduli. Dan yang paling penting setelah pulang kita menambah kreativitas dan teman baru. Jadi, jadikan momen ini terbaik dalam hidup kita,” imbuhnya. (Tya)*