by

ASN di Jabar Didorong Perkuat Ibadah Sosial

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG — Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Taufiq Budi Santoso mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) di Iingkup Pemda Provinsi Jabar tak hanya menguatkan ibadah individual, melainkan juga Ibadah sosial bagi masyarakat kurang mampu.

“Saat ini kita memasuki bulan puasa di hari ke- 21, semoga kita semua terus diberikan kesehatan dan kekuatan sampai Hari Raya Idulfitri,” kata Taufiq Budi Santoso pada apel pagi lingkup Setda dan BPKAD Jabar di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (1/4/2024).

“Kita perlu terus menguatkan ibadah kita semua dan meningkatkan ibadah sosial kepada masyarakat yang kurang mampu,” tambahnya.

Taufiq juga menyebut dengan menyiapkan bantuan kepada yang membutuhkan seperti panti asuhan, keluarga miskin merupakan salah satu upaya mengendalikan inflasi.

“Di lingkungan perangkat daerah sudah ada bantuan takjil untuk masyarakat sekitar dan itu bisa dikembangkan,” ucapnya.

Di samping itu, lanjut Taufiq, dengan telah disampaikan nota pengantar terhadap LKPJ Gubernur Jabar Tahun Anggaran 2023 dan Pembentukan Pansus Pembahasan LKPJ Gubernur TA 2023 pada rapat paripurna, Kamis (28/3/2024), maka dalam waktu tidak terlalu lama akan dilakukan pembahasan dengan DPRD.

Ia berharap ASN yang berwenang di lingkup Setda, BPKAD, dan di perangkat daerah untuk intens mengikuti proses pembahasan bersama pansus terkait proses pembahasan LKPJ ini.

“Terima kasih Bapak Ibu perangkat daerah dan Biro, secara khusus Biro Pemotda yang sudah menyiapkan dokumen LKPJ, juga terkait dengan bahan paparan,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Taufiq juga mengumumkan bahwa hari ini akan diselenggarakan pelantikan Sekda Jabar definitif.

Jabatan ASN tertinggi di Jabar ini akan diemban Herman Suryatman, yang sebelumnya menjabat Sekda Kabupaten Sumedang, dan saat ini menjalankan tugas sebagai Penjabat Bupati Sumedang.

Baca juga:  Gub Jabar Terharu Batu Pertama Masjid Syeikh Ajlin Palestina Berdiri

“Insyaallah, pukul 15.00, ada pelantikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Pak Herman Suryatman,” ungkap Taufiq.

Sejalan dengan itu, tugasnya sebagai Penjabat Sekda Jabar akan berakhir pula pada hari ini.

“Maka tugas saya sebagai Penjabat Sekda akan berakhir. Terima kasih atas dukungan Bapak Ibu semua. Mohon maaf jika di saat saya menjalankan tugas sebagai sekda terdapat kekurangan,” ujarnya.

Penyerahan SK pensiun

Pada apel pagi ini juga terdapat prosesi secara simbolis penyerahan SK pensiun, tabungan dan asuransi pensiun (taspen), dan KTP elektronik bagi ASN Pemda Provinsi Jabar purna tugas.

Taufiq mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan.

“Ucapan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kami sampaikan atas nama Pemda Provinsi Jabar kepada 181 orang pegawai yang telah menyelesaikan masa kerja dan atas dedikasinya selama menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pegawai negeri sipil,” ucap Taufiq.

“Selamat memasuki purna tugas. Hari ini bukan akhir dari pengabdian karena pengabdian tak akan pernah berhenti. Kami doakan setelah memasuki masa pensiun Bapak Ibu selalu dilimpahi kesehatan dan kebahagiaan,” ucapnya.