by

Anggota DPRD Jabar Daddy Rohanady, Tol Cisumdawu Difungsikan Jelang Natal Dan Tahun Baru 2023

Seputarnews.com / DKI Jakarta — Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Cisumdawu, akan segera difungsikan pada akhir Desember 2022. Adapun dua seksi tambahan yang dibuka yakni seksi dua dan seksi tiga, untuk mendukung kelancaran jalur transportasi saat libur Natal dan Tahun Baru 2023 mendatang.

Menurut Dady “Fase dua dan tiga barusan dijelaskan (BPJT), itu jelang natal dan tahun baru akan difungsikan”, ujar Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Daddy Rohanady, saat konsultasi Komisi IV DPRD Jabar ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Jakarta, Rabu (14/12/22).

Daddy menambahkan, total akan ada tiga seksi tol Cisumdawu yang dioperasikan yakni seksi satu yang menghubungkan Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,45 KM.

Sementara itu lanjut Daddy, terdapat seksi dua menghubungkan Pamulihan – Sumedang sepanjang 17,05 KM, sedangkan seksi tiga menghubungkan Sumedang – Cimalaka sepanjang 4,05 KM.

Tol Cisumdawu sendiri diharapkan menjadi akses untuk meningkatkan fungsi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Daddy menyebut, jika Tol Cisumdawu diopersionalkan secara penuh, BIJB Kertajati diharapkan berfungsi secara lebih maksimal.

“Kalau jalan tol operasional semuanya, bandara running well semua, saya kira ekonomi Jawa Barat tentu akan menggeliat jauh lebih besar”, jelas Daddy.

BACA JUGA : Badan Kehormatan DPRD Jabar Awards Jadi Pemicu Peningkatan Kinerja Wakil Rakyat

Daddy menakankan,  Jalan Tol Cisumdawu mempunyai peranan yang sangat strategis sehingga penyelesaian seluruh seksi ruas Tol Cisumdawu yang panjangnya mencapai 61,72 kilometer tersebut sangat diharapkan dapat tuntas dalam waktu dekat.

Baca juga:  Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Dukung Tahura lebih Maju