by

Peringatan HUT TNI Ke-79

Seputarnews.com / Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Tahun ini, peringatannya HUT TNI jatuh pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Sepanjang perjalanannya, TNI telah mengalami beberapa kali perubahan nama, baik ketika Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi.  pemerintah awalnya mendirikan Badan Keamanan Rakyat (BKR) pada 22 Agustus 1945 dan diresmikan sehari setelahnya oleh Presiden RI Soekarno. Kemudian dalam perjalanannya, BKR berubah nama menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945. Satu tahun kemudian, tepatnya pada 23 Januari 1946, pemerintah kembali mengubah namanya menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Nama TNI baru digunakan pada 3 Juni 1947. Nama TNI sempat dikenal menjadi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) saat Polri bergabung ke dalamnya.

Selanjutnya tama TNI kembali digunakan hingga saat ini sejak Polri dan TNI dipisah menjadi dua institusi yang berbeda pada 1 April 1999.

Dikutip dari laman resminya, peringatan HUT ke-79 TNI mengangkat tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawasi Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Tema ini menyoroti peran penting TNI dalam mendukung transisi kepemimpinan dan menjaga stabilitas negara. Akan ada berbagai acara yang digelar dalam rangkaian HUT ke-79 TNI, mulai dari pameran alutsista, terjun payung, aerobic, dan lainnya. Adapun puncak perayaan HUT ke-79 TNI akan digelar di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, 5 Oktober 2024. (Dangs)*

Baca juga:  Reini Wirahadikusumah Sebagai Perempuan Pertama Rektor ITB Periode 2020-2025.