by

Wakil Ketua DPRD Jabar Achmad Ru’yat Dorong Pemekaran Desa di Jabar

Seputarnews.com / KAB. BOGOR – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru’yat mengadakan Sosialisasi Sketsa Kebangsaan 4 Pilar di Kabupaten Bogor,Sabtu (17/9-2022).

Dalam kesempatan Sosialisasi Sketsa Kebangsaan 4 Pilar tersebut Achmad Ru’yat mengatakan dirinya tengah mendorong pemekaran desa-desa di Jawa Barat. Hal tersebut karena dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa tidak sesuai dengan jumlahnya desanya yang berjumlah 5.000.

BACA JUGA : Anggota DPRD Jabar Ade Kaca Gandeng PKK Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Desa Cintarasa

“Jadi ini menjadi bahan masukan bagi Jawa Barat terutama Gubernur dan DPRD karena Jawa barat dengan penduduk 50 juta, jumlah desa 5.000 ini sangat mendesak untuk melakukan kajian dan pemekaran,” ujar Achmad Ru’yat usai menggelar kegiatan Sosialisasi Sketsa Kebangsaan 4 Pilar, di Kabupaten Bogor.

Lebih lanjut Achmad Ru’yat membandingkan, Jawa Barat dengan Jawa tengah dan Jawa timur dengan jumlah desa 8.000 dengan jumlah penduduk sekitar 32 juta sehingga usulan yang mengemuka pemekaran desa ini sangat sejalan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Selain itu pemekaran mempercepat pembangunan karena dengan jumlah desa seperti jawa tengah dan jawa timur itu 8.000 desa makanya anggaran desa juga akan lebih bermanfaat untuk desa, jadi ini harus ditindak lanjuti di pemgambilan kebijakan di tingkat provinsi, dan usulan ke instansi terkait,” tutupnya.

Baca juga:  Hari Pertama Masuk Kantor, Sekretaris DPRD Jabar Imbau Seluruh Pegawai Meningkatkan Kinerja