by

Wagub Jabar Kunjungi Pasar Pelita Sukabumi

SARLING JABAR

Seputarnews.com / KOTA SUKABUMI — Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengunjungi Pasar Pelita Kota Sukabumi, Jumat (26/8/2022). Kunjungan tersebut merupakan salah satu kegiatan dalam Siaran Keliling (Sarling) Jabar di Kota Sukabumi.

Dalam kunjungan tersebut, Pak Uu –sapaan Uu Ruzhanul– memantau aktivitas jual beli di Gedung Pasar Pelita Baru. Menurutnya, aktivitas di pasar tersebut sudah mulai bergerak dan ramai.

Ruko-ruko pasar pun sudah terisi pedagang daging, sayuran, ikan, pakaian, tas, dan lain-lain. Meski begitu, kata Pak Uu, aktivitas jual beli di Pasar Pelita Baru harus terus dioptimalkan.

“Kegiatan hari ini dalam rangka Siaran Keliling alias Sarling. Saya datang ke pasar yang sudah dibangun, tapi belum semua pedagang (Pasar Pelita lama) mau datang ke sini, padahal pasar bersih, ada AC, lift, eskalator,” kata Pak Uu.

“Saya berharap seluruh pedagang segera pindah ke sini. Jangan sampai tidak kebagian di sini. Pas di sana dikosongkan, di sini sudah penuh,” imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut, Pak Uu juga menampung aspirasi pedagang. Salah satunya soal harga sewa ruko. Ia pun akan menyampaikan aspirasi tersebut kepada Wali Kota Sukabumi.

BACA JUGA: Wagub Jabar: Pencak Silat Topang Indonesia Emas 2045

“Saya sampaikan ke Pak Wali agar ada solusi bagi mereka yang dianggap tidak punya uang, ada bantuan. Minimal untuk tidak bayar dulu,” katanya.

Terkait harga sembako, khususnya telur ayam, Pak Uu menuturkan bahwa Pemda Provinsi Jabar terus mengupayakan supaya harga telur terkendali.

“Kami akan bergerak dan menjamin, insyaallah, harga telur di Jabar ikhtiar stabil kembali,” ucapnya.

Sementara untuk mengendalikan inflasi, Pak Uu mengatakan bahwa Pemda Provinsi Jabar intens meningkatkan produktivitas pertanian. Salah satunya dengan membagikan bibit kepada para petani, pembenahan irigasi, sampai alat pertanian.

Baca juga:  Dokumen Calon Daerah Persiapan Otonomi Baru (CDPOB) Kab. Garut Selatan Sudah di serahkan ke Kemendagri RI

“Kami berupaya menjadikan pertanian skala prioritas,” tuturnya.

Pak Uu juga mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan wali kota dan bupati di Jabar untuk turut menjadikan pertanian sebagai sektor prioritas untuk mengendalikan inflasi.

Selain Pak Uu, Duta Pasar Rakyat Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil pun mengunjungi Pasar Pelita Sukabumi. Dalam kunjungan tersebut, Atalia meninjau kondisi pasar dan memantau harga bahan pokok. Ia juga berdiskusi dengan pedagang Pasar Pelita Sukabumi dan mengunjungi stan Bank Indonesia untuk menukar uang lama dengan uang baru. (Tya)*