by

Uu ruzhanul: Staf Ahli Berperan Kuatkan Program Kerja Pembangunan Daerah

Seputarnews.com /KABUPATEN PANGANDARAN — Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menghadiri Acara Pengukuhan Forum Staf Ahli Kepala Daerah Jawa Barat Tahun 2022 -2024, di Arnawa Hotel Kabupaten Pangandaran, Rabu (09/03/2022).

Pada kesempatan ini, orang nomor dua di Jabar memberi arahan kepada para Staf Ahli se-Jabar untuk memupuk kebersamaan baik dengan sesama Staf Ahli, maupun dengan Kepala Daerah dilingkup kerja masing-masing.

Menurut Pak Uu– sapaan Wagub Jabar– Staf Ahli pada suatu Pemerintah Daerah mempunyai peran sangat strategis. Merujuk pada Permendagri Nomor 134 Tahun 2018, Staf Ahli dapat berperan semacam konsultan bagi Kepala Daerah dalam mengambil suatu keputusan atau menjalankan program kerja di pemerintahan.

Kehadiran Staf Ahli juga untuk mengurai jalur birokrasi yang berbelit -belit guna melancarkan program kerja Kepala Daerah.

“Kepala Daerah mempunyai skala prioritas (program kerja), dan tidak menutup kemungkinan dalam pelaksanaannya ada kesulitan. Disinilah tugas Staf Ahli menguatkan program kerja tersebut,” kata Pak Uu.

“Oleh karena itu, Staf Ahli harus dekat dengan Kepala Daerah untuk sering ngobrol, sering ngariung,” sambungnya.

Lebih lanjut, Pak Uu mendorong para Staf Ahli di Jabar responsif terhadap gaya kepemimpinan Kepala Daerah, sehingga dapat terbentuk kesamaan persepsi untuk pembangunan daerah.

“Kalau kita semakin dekat dengan Kepala Daerah akan timbul kepercayaan,” tambahnya.

Pak Uu berharap melalui FORSAKADA dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada setiap Staf Ahli Se-Jabar dalam kedudukan dan peran strategisnya membantu Kepala Daerah guna mendukung penyelenggaraan Pemerintahan.

“Semoga Bapak, Ibu mampu memberikan kontribusi kepada Kepala Daerah dalam pelaksanaan pembangunan, kemasyarakatan, maupun menjalankan roda pemerintahan,” imbuhnya.

Ketua Forsakada Provinsi Jawa Barat Periode 2022-2024, Asep C Cahyadi berharap kepemimpinannya dapat mendukung para Staf Ahli Se-Jabar untuk semakin berkontribusi dan memberikan analisis pertimbangan terbaik bagi para Kepada Daerah.

Baca juga:  Gub Jabar Ridwan Kamil Sampaikan LKPJ Tahun 2022

“Forsakada berkontribusi untuk memformulasi sekaligus memberikan masukan kepada Kepala Daerah, sehingga kebijakan daerah bisa efektif berjalan lebih baik dan bisa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat demi terwujudnya Jabar Juara Lahir Batin,” kata Asep.

Asep sebelumnya menduduki jabatan yang sama sebagai Ketua Kepengurusan Forsakada Periode 2019- 2021.